Haji Rudi Lubis, H. Dr Rina Mardiana Kumpul

Malam Minggu kemarin kedua anak kami Haji Rudi Kubis dan Hajah Rina Mardiana yang baru Kembali dari tanah suci Mekah menunaikan ibadah haji kumpul dengan keluarga besar pak Haryono Suyono, mbak Ria, Mas Fajar, bubu dan anaknya Lola di Perdatam. Ada juha mas Teguh, make dan pake Sarwadi sedangkan pak Bibit sudah menjemput di Bandara Cengkareng.

Suasana sungguh meriah mendengarkan cerita Hajah Rina pengalaman menunaikan ibadah haji yang berbeda dengan prngalaman mas Fajar maupun bu Ria sebelumnnya.

Rupanya setiap tahun Kerajaan Saudi Arabia mengadakan pembaharuan rumah suci ummat Islam itu agar mereka yang menunaikan ibadah makin nyaman.

 Rombongan yang datang setiap tahun makin banyak yang naik pesawat terbang dibanding yang datang dengan kapal laut.  Mereka juga kembali ke negara masing-masing dengan pesawat terbang sehingga di Saudi Arabia ada beberapa Bandar Udara Internasional yang melayani penerbangan ibadah haji dar tanah air masing-masing peserta yang jumlahnya melebihi empat juta.

Disamping itu ada peserta diantara musim haji yang bergilir setiap bulan yang jumlahnya juga jutaan orang, hampir sepanjang tahun.

Malam itu suasana rumah Perdatam sungguh sangat neriah karena ibu Rina tidak putus-putusnya bercerita tentang kenikmatan pengalaman ibadah haji di tanah suci Mekah dan Madinah yang berbeda dengan pengalaman kakaknya Ria dan Fajar.

Haryono SuyonoComment