Hore Liburan Sekolah Mulai

Bagi anak-anak yang biasanya pagi-pagi segera setelah sarapan harus jalan ke sekolah. hari ini mulai diberi kesempatan menikmati sarapannya dengan santai. Sekolah mereka mulai libur. Anak-anak boleh mulai mencungkuli halaman rumahnya mrmbuat kebun bergizi sebagai praktek menjadi petani seperti diajarkan di sekolah.

Lebih-lebih minggu ini secara bertahap rombongan haji dari tanah suci Mekah mulai datang Kembali ke rumah masing-masing. Rombongan itu pasti bahagia melihat anak-anak praktek menyuburkan halaman rumahnya seperti mereka lihat padang pasir yang gersang saja bisa berubah menjadi lahan yang di hijaukan dengan pohon rindang yang membuat panas yang menyengat menjadi lebih sejuk.

Para Haji dan Hajah baru yang di tanah suci “dilatih” jalan kaki berkilo meter dalam cuaca yang panas akan gembira melihat anak-anak mereka sanggup berpanas menggarap halaman rumahnya menjadi kebun dengan tanaman yang segera menjadi lahan sayur untuk dinikmati hasilnya selama masa liburan. Anak-anak mulai menghasilkan produk pertanian yang berguna     langsung untuk kehidupan mandiri.

Para haji dan hajah mulai berdoa dan mengamalkan ilmu yang diperolehnya selama ibadah haji bahwa mnausia harua berusaha keras agar bisa menolong banyak umat manusia yang karena sesuatu belum bisa atau tidak bisa berusaha sendiri.

Amal ibadah itu adalah pelajaran utama bagi Jemaah haji untuk segera diamalkan ditempatnya sendiri di kampung halamannya sendiri.

Haryono SuyonoComment