Universitas Indonesia dan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Berkolaborasi Sosialisasikan APSURTIK

GEMARI.ID-DEPOK. Dalam rangka pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Indonesia berkolaborasi dengan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta mengadakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Apsurtik di Jalan Kober RW 05 Pondok Cina, Depok. Tujuan dalam kegiatan ini adalah mengenalkan aplikasi survey jentik dan mempermudah mengimput data, demikian dikatakan salah satu dosen STIKes MRHJ, Daniah, S.SiT, MKM kepada awak media. Kamis (31/08/2023).

Daniah, S.SiT, MKM saat memberikan sosialisasi Aplikasi Survey Jentik di Kelurahan Pondok Cina, Depok.

Menurutnya, kegiatan ini di hadiri oleh Ibu Ary Sutanti perwakilan dari Kelurahan Pondok Cina, Ibu Iren Sukma, A.Md.KL dari Puskesmas Kemiri Muka, kader dan warga Rw 05 kelurahan pondok cina. Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh prof. DR. Dewi Susana Dosen FKUI Prodi Kesehatan Lingkungan dan PKM ini didanai oleh FKMUI dan anggotanya Daniah, Nuraini, dan Erny Elviany S, selaku dosen STIKes Mitra RIA Husada, katanya.

Implementasi ke rumah warga survey jentik di kamar mandi.

Ia menambahkan, dalam acara sosialisasi aplikasi ini Ibu Ary Sutanti perwakilan kelurahan memberikan sambutan, isi dari sambutannya adalah menyambut baik dengan adanya aplikasi APSURTIK dan berharap aplikasi survey jentik ini bisa bermanfaat buat kelurahan Pondok Cina dan membantu para kader dalam mendeteksi Demam Berdarah, semoga masyarakat dapat lebih terbantu dengan aplikasi tersebut. Ibu Iren Sukma perwakilan dari Puskesmas juga memberikan tanggapan mengenai sosialisasi tersebut, beliau menyampaikan dengan adanya aplikasi survey jentik APSURTIK dapat mempermudah kader dalam pendataan, yang tadinya menggunakan form sekarang tidak lagi menggunakan form. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para kader-kader dapat lebih terbantu lagi untuk mendata terkait survey jentik di wilayah RW 05 dan dapat mengurangi wabah penyakit DBD di wilayah tersebut, imbuhnya.

Terlihat perwakilan dari puskesmas memberikan sambutan.

Selanjutnya Daniah yang tampil sebagai narasumber memberikan sosialisasi terkait cara menggunakan Aplikasi Apsurtik, dimulai dari cara pengisian data, dan cara-cara menjawab pertanyaan. Setelah itu para kader berpendapat merasa mudah dengan adanya aplikasi APSURTIK, dan ada beberapa saran untuk Aplikasi APSURTIK yaitu pertanyaan – pertanyaan yang disajikan dengan pilihan jawaban masih ada yang belum sinkron, dan diharapkan Aplikasi APSURTIK kedepannya lebih baik lagi dan dapat memudahkan masyarakat. Selesai diberikan arahan cara penggunakan aplikasi, kemudian kader dan warga langgung mempraktekan aplikasi tersebut kerumah warganya, paparnya.

Para dosen dari UI dan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta saat berdiskusi.

Ade SudrajatComment