Menggelar Peringatan 50 dan 60 Tahun Pernikahan

Kami tidak mengira bahwa acara peringatan ulang tahun pernikahan yang ke 50 tahun atau lebih-lebih acara ulang tahun pernikahan yang ke 60 tahun bisa menjadi suatu acara yang menarik untuk penduduk lanjut usia. Baru setelah kami lakukan secara nyata kami sadar bahwa acara tersebut sungguh memiliki arti yang sangat penting dan menarik untuk dijadikan acara Organisasi lansia atau PWRI dimanapun adanya.

Acara ini bisa menjadi suatu acara keluarga atau acara Bersama bagi keluarga yang berada dekat usia perkawinannya, misalnya usia menikah yang ke 48 atau 49 tahun, atau 51 atau 52 tahun untuk meraykannya bersama-sama yang diatur sebagai acara PWRI sebagai acara syukuran dengan sponsor bersama keluarga yang berulang tahun. Pertemuan bisa mengundang anak dan mantu serta cucu, bahkan cicit tiga generasi dengan ceramah agama atau lainnya yang menarik bagi tiga generasi agar pertemuan memiliki makna strategis dan penuh makna. Sponsor utama bisa dari keluarga yang berulang tahun serta sumbangan sukarela dari simpatisan atau keluarga dan sahabat dekat mereka yang berulang tahun atau kerabatnya yang menaruh simpati.

Acara bisa sangat sederhana tetapi bisa sangat meriah karena diselenggarakan secara gpotong royong dan penuh keakrabam bukan hanya oleh pengurus tetapi partisipasi anggota secara aktif tinggi dan penuh makna. Anak-anak dan mantu sudah mulai bekerja dan perlu mendapat dorongan agar muncul ke permukaan menjadi penyelenggara acara pertemuan bapak ibunya atau mertua sebagai balas jasa kecintaan pada sesepuhnya. Suatu kebutuhan timbal nalik yang saling menguntungkan semua pihak sekaligus mempersatukan pemberdayaan tiga generasi semua pihak dengan penuh makna.

Kemerihan juga tercermin karena setiap keluarga lansia bisa menunjukkan hasil binaan keluarga masing masing yang biasanya  berhasil katrena suasana berkembang mengikuti dinamika setiap keluarga muda yang ada. Kesempatan bisa menjadi ajang pengembangan jaringan persahabatan antar keluarga yang kurang mendapat perhatian karena kesibukan yang masing-masing  tidak dapat dihindari atau belum disadari bahwa sesungguhnya ada kesempatan antar rekan sesama keluarga lansia. Marilah kita  coba kesempatan ini siapa tahu bisa menjadi program yang menarik dan tisak memberi beban anggaran kepada keluarga lansia karena dikerjakan secara gotong royong dan penuh keikhlasan.   

Haryono SuyonoComment