Susi Kawira : Lansia Indonesia Harus Saling Mendukung Satu Sama Lainnya

Ketua Pembina Yayasan Swastisvarna, Dr (HC) Susianty Kawira saat menyampaikan laporan kepada Prof Dr Haryono Suyono terkait rencananya memperingati Hari Lanjut Usia Internasional 2023

GEMARI.ID-JAKARTA. Hari ini pengurus Yayasan Swastisvarna yang terdiri dari Pembina yayasan Dr (HC) Susi Kawira, Ketua yayasan, Dr Ataswarin Oetopo, MPd, pengawas, Dra Setyo Ediningsih, MM, dan pengurus lainnya seperti Chen Santo, Paulus Sukiyanto dan Dr Mulyono D Prawiro bersilaturahmi ke Prof Dr Haryono Suyono di kawasan Pancoran Jakarta Selatan. Kamis (27/07/2023).

Menurut Dr (HC) Susi Kawira, kunjungan kami hari ini ke kediaman Prof Haryono Suyono bertujuan salah satunya adalah untuk silaturahmi dengan beliau. Saya melihat beliau sehat, Alhamdulillah dan beliau bisa komunikasi dengan lancar. Seusai pertemuan, kepada awak media Ibu Susi panggilan akrab Ketua Pembina Yayasan Swaswtisvarna menyampaikan, kita ada rencana dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Internasional (HLUIN) 2023, yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2023, mudah-mudahan direstui dan dilancarkan, kita bisa mengadakan acara bersama, yang rencananya akan digelar di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Mungkin dari ketua yayasan Swastisvarna, pengawas dan Staf Ahli semuanya akan kumpul lagi untuk memberi masukan, jelasnya.

Suasana pertemuan pimpinan Yayasan Swastisvarna dengan Prof Dr Haryono Suyono yang berlangsung di HARYONO SUYONO CENTER di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan

Selanjutnya ia mengatakan, saya itu rindu sama situasi permainan jadul, zaman kita dulu, mungkin kita bisa adakan kayak perlombaan congklak, bekel, ular tangga atau musik angklung kan jadul, supaya anak-anak sekarang ini yang kehidupannya boleh dibilang serba hanya pegang HP, egonya sendiri aja. Kalau dulu ngajarin kebersamaan, juga mungkin Lansia harus tetap tunjukkan aktifnya, kita bikin peragaan busana Lansia, kita perlu sosialisasi, bahwa kita ini angkat semangat tetap berjuang, katanya.

Disamping itu Ibu Susi juga menyampaikan, kalau Yayasan Swastisvarna programnya dalam waktu dekat ini akan membuat acara dalam rangka menyambut Hari Lanjut Usia Internasional 2023. Ini kan perlu waktu berapa bulan ini, mungkin minggu depan kita harus ketemu lagi untuk bersama semua panitia supaya bisa menyusun program ataupun rencana kegiatannya, apa aja yang mungkin akan dilaksanakan. Disini lagi berkumpul, kita mohon dukungannya terutama kepada Prof Dr Haryono Suyono, mudah-mudahan bisa kita susun sampai hari H-nya nanti, imbuhnya.

Seusai pertemuan silaturahmi, para pimpinan Yayasan Swastisvarna berkesempatan berfoto bersama prof Dr Haryono Suyono

Ibu Susi berharap, kita sebagai Lansia harus jadi tokoh panutan, tidak hanya karena usia langsung merasa gimana, saya sendiri tahun ini usia saya 66 tahun, tetapi serasa masih 36 tahun, jadi kuncinya tetap semangat, harus mampu untuk memberikan contoh. Kita kan pernah launching dan Geralan Peduli Tiga Generasi, jadi kita harus memberi contoh, memberi bimbingan juga memperkenalkan permainan kita yang serba alamiah dulu menyatu ke alam kepada anak-anak sekarang, harapannya.

Ketua Pembina Yayasan Swastisvarna, Dr (HC) Susianty Kawira saat diwawancarai awak media didamping oleh Dr Ataswarin Oetopo, MPd, Dra Setyo Ediningsih, MM dan Bapak Paulus Sukiyanto

Dirinya menghimbau kepada para Lansia Indonesia, bahwa Lansia Indonesia itu harus saling mendukung satu sama lainnya, karena kondisi Lansia tidak semua mempunyai kemampuan fisik yang sama, jadi perlu saling mengisi, supaya tetap semangat, bisa mandiri, bahagia, kalau bisa selalu enjoy. Nikmati apa yang ada dan jangan lupa bersyukur, tuturnya. @MDP.

Mulyono PrawiroComment