Strategi Ke-5: Pemeriksaan internal Organ Reproduksi

Apabila keadaan memungkinkan strategi kelima ini bisa menjadi strategi kedua, tetapi keadaan Posyandu Desa tidak banyak Strategi ini bisa menjadi bagian awal untuk mengamati apakah seorang gadis siap mengandung bayi atau hamil. Pemeriksaan keadaan dari seorang gadis bisa dilakukan oleh bidan atau tenaga dokter ahli kandungan tentang kondisi internal seorang gadis.

Apabila seorang gadis tidak kondusif untuk hamil sebaiknya pengantin baru itu tidak berusaha untuk hamil sampai ada perbaikan internal bahwa organ reproduksinya siap untuk hamil. Kalau dipaksakan bisa berkibat bahwa janinnya akan tumbuh tidak sempurna dan menjadi bayi yang kena resiko stunting.

Tanda-tanda kondisi internal tersebut bisa dilihat selintas dari kondisi fisik anak gadis tersebut tetapi tidak akurat tanpa melihat tanda-tanda yang dilihat secara lebih lanjut oleh bidan atau dokter ahli kandungan karena berhubungan dengan system reproduksi. Solusi biasanya juga cukup sulit karena merupakan hasil yang bersifat kumulatif, masalah gizi dan system lainnya. Seseorang yang memiliki system reproduksi yang terganggu bisa bisa malah tidak berhasil hamil dan atau hamil tidak sempurna sehingga anak yang dikandungnya juga bisa tidak sempurna lebih parah dari sekedar stunting yang menyebabkan anak kerdil serta tidak tumbuh secara sempurna.

Haryono SuyonoComment