Selamat Memperingati Hari Ulang Tahun Dra Ninin Nirawaty, MEd.PA

Dra Ninin Nirawaty, MEd.PA (mengenakan kebaya putih) diapik oleh Drs Ida Rosdiawan, MA, Dra Sri Rahayu, MSi dan Dr Mulyono D Prawiro

GEMARI.ID-JAKARTA. Cukup banyak para mantan ajudan maupun sekretaris pribadi Prof Dr Haryono Suyono yang memiliki karier yang cukup cemerlang, diantaranya adalah Dra Ninin Nirawaty, MEd.PA yang hari ini sedang merayakan hari kelahirannya. Itu suatu kebahagiaan tersendiri baginya, karena banyak sahabat yang hari ini menyampaikan ucapan selamat ulang tahun dan sekaligus ikut mendoakan agar kiranya Ibu Ninin panggilan akrabnya, selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan dan tentunya berumur panjang.

Bukan hanya sahabat dari BKKBN Pusat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, maupun sahabat dari STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, tetapi banyak juga sahabat dari seluruh Indonesia, terutama pensiunan BKKBN di daerah-daerah juga mengucapan selamat ulang tahun dan ikut mendoakannya.

Dirinya merasa terharu dan bersyukur serta berterima kasih, karena begitu banyaknya sahabat dan saudara yang ikut mendoakannya dan memberikan perhatian di hari ulang tahunnya hari ini, Sabtu, 22 Juli 2023.

Bila melihat rekam jejak kariernya, Ibu Ninin awalnya adalah pegawai biasa di BKKBN Pusat, kemudian karena kegigihan, keuletan dan mampu menjalan tugasnya dengan sangat baik, maka Ibu Ninin dilirik oleh Prof Dr Haryono Suyono untuk dijadikan sekretaris pribadinya saat beliau masih menjabat sebagai Deputi dan akhirnya menjadi Kepala BKKBN Pusat. Ibu Ninin melihat masa depan dengan penuh harapan dan dirinya yakin bahwa pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting di masa depan. Untuk itu, Ibu Ninin setelah tidak lagi menjadi sekretaris pribadi Prof Haryono, ia mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya di luar negeri dan dirinya diterima di salah satu perguruan tinggi ternama di Australia yaitu Monash University. Kesempatan itu tidak disia-siakan, karena dirinya yakin suatu saat nanti, pengalaman dan ilmu yang didapat dari kuliah di luar negeri akan sangat bermafaat, bukan untuk dirinya sendiri, tetapi akan disumbangkan bagi banyak orang, terutama bagi mahasiswa di Indonesia.

Melihat kemampuan, ketekunan dan semangat yang luar biasa, Ibu Ninin terus berusaha menggali informasi, memperluas jaringan dan memperbanyak pengalaman serta sahabat, setelah cukup puas mengabdi di BKKBN, Ibu Ninin mendapat tawaran kerja di tempat yang baru di luar BKKBN, yaitu di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Sampai akhirnya ia dipercaya sebagai salah satu pejabat Eselon II, hingga yang bersangkutan pensiun dari pegawai negeri sipil.

Sebagai pegawai negeri dirinya bisa saja pensiun, tetapi pengabdian kepada masyarakat tidak pernah berhenti. Seusai dari Kementerian PPPA, Ibu Ninin langsung diminta oleh STIKes Mitra RIA Husada Jakarta untuk bergabung. Disinilah karier kedua Ibu Ninin dimulai. Awalnya yang bersangkutan hanya diminta untuk menjadi asisten Badan Penyelenggara, tetapi karena pengalaman, kemampuan dan memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan dan membesarkan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, akhirnya Ibu Ninin ditunjuk dan dipercaya sebagai Wakil Ketua II Bidang Non Akademik selama dua periode yang sampai saat ini masih dipegangnya jabatan itu.

Di lingkungan perguruan tinggi kesehatan di Kawasan Cibubur, Ibu Ninin dikenal dengan orang yang baik, penuh perhatian, selalu memberikan bimbingan dan petunjuk serta memberi solusi, baik bagi dosen-dosen muda maupun para mahasiswa yang datang padanya.

Setiap kali ada rapat dengan Badan Penyelenggara, Ibu Ninin selalu memberikan laporan terkait dengan perkembangan STIKes MRHJ, dan bila ada masalah dirinya tidak segan-segan meminta bantuan atau pun petunjuk kepada Badan Penyelenggara, meskipun sebenarnya dirinya bisa mengatasinya sendiri, tetapi karena Ibu Ninin tidak suka dengan yang namanya Superwomen, tetapi lebih suka Superteam, untuk itu dirinya tidak ingin bekerja sendiri dan inginnya bekerja bersama dan dilakukan secara gotong-royong serta hasilnya bisa dirasakan bersama.

Keinginannya sangat kuat dan terus berusaha mendorong agar institusinya maju dan berkembang, dirinya sadar bahwa itu tidak mudah dan perlu adanya komitmen semua pihat, kekompakan dan kebersamaan.  Di lingkungan kampus, Ibu Ninin dianggap sebagai seorang panutan bagi para dosen dan juga karyawan. Bukan saja karena senior, tetapi Ibu Ninin memiliki kariswa dan kewibawaan yang cukup tinggi, sehingga dirinya cukup disegani di kalangan kampus. Dirinya juga selalu memberikan kesempatan dan mendorong kepada dosen-dosen muda yang belum S3 agar segera melanjutkan pendidikannya ke jenjang S3, demikian juga bagi karyawan agar juga melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dirinya ingin sumber daya manusia (SDM) di kampusnya terus meningkat dan semua memiliki kemampuan untuk bersama-sama membawa STIKes Mitra RIA Husada Jakarta terbang tinggi dan memiliki mahasiswa yang semakin banyak.

Selamat ulang tahun Ibu Dra Ninin Nirawaty, MEd.PA, semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan umur yang panjang, tetap sehat dan selalu bahagia bersama keluarga tercinta. @MDP.

Mulyono PrawiroComment