Dosen STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Mendapatkan Hibah Penelitian DIKTI

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr Dina Martha Fitri, S.SiT, MPd saat menyampaikan laporan kepada Badan Pelaksana dan Badan Penyelenggara STIKes Mitra RIA Husada Jakarta

GEMARI.ID-CIBUBUR. Setiap Perguruan Tinggi Indonesia berkewajiban untuk menyelenggarakan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan program Pendidikan, demikian dikatakan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Dr Dina Martha Fitri, S.SiT, MPd kepada awak media seusai rapat Badan Pelaksana dan Badan Penyelenggara STIKes MRHJ di Jakarta. Selasa (18/07/20223).

Menurutnya, Dikti memiliki komitmen untuk membantu hal tersebut dengan adanya program hibah Dikti pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Bantuan Hibah tersebut diberikan kepada Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Sedangkan tujuan Hibah Dikti ini adalah sebagai kegiatan dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti dosen untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, jelasnya.

Lebih lanjut Ibu Fitri, sapaan akrab Ketua PPPM mengatakan, manfaat program hibah Dikti dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah mewujudkan keunggulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Perguruan Tinggi, meningkatkan daya saing Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta meningkatkan angka partisipasi dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, katanya.

Selain itu dirinya juga menyampaikan, bahwa persyaratan untuk dapat mengajukan hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dikti adalah minimal dosen yang bersangkutan telah memiliki Nomor Induk Dosen nasional atau NIDN dan memiliki Jabatan Fungsional, imbuhnya.

Rapat Badan Pelaksana dan Badan Penyelenggara STIKes Mitra RIA Husada Jakarta dipimpin langsung oleh Ketuanya Dra Sri Danti Anwar, MA

Ia mengimbau kepada para dosen, agar mereka sering mengikuti kegiatan seperti workshop atau pun seminar agar mudah mendapatkan Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dikti, baik itu yang diselenggarakan oleh STIKes Mitra RIA Husada Jakarta maupun institusi atau perguruan tinggi lain. Disamping itu juga ikut program pendampingan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STIKes Mitra RIA Husada Jakarta serta ikut serta dalam penyusunan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, paparnya.

Diakhir wawancaranya Ibu Fitri menyampaikan, bahwa tahun ini, dosen STIKes Mitra RIA Husada Jakarta yang mendapatkan hibah pengabdian kepada masyarakat ada tiga orang, yaitu satu dosen dari program studi Sarjana Kebidanan dan dua dosen dari program studi Kesehatan Masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan oleh para dosen itu semuanya melibatkan mahasiswanya, pungkasnya. @MDP.

Mulyono PrawiroComment