Check Up Telinga yang Makin Kendur
Untung saja saat ini baru mulai terganggu pendengaran kita. Di masa lalu sebagai pejabat kita harus rajin mendengar setiap usulan atau keluhan para petugas lapangan atau relawan yang mendapat dukungan yang kurang memadai.
Setiap petugas lapangan akan sangat rajin dan memiliki produktifitas tinggi manakal asetiap saat mendapat perlakuan yang memadai sebahai motivasi kerja dibanding dengan sumbangan karya atau minimal waktu mereka berbakti kepada rakyat banyak. Karena itu salah satu strategi yang ampuh adalah jauh-jauh hari muncul suattu gagasan perlu diumumkan sehingga sebagai Kepala BKKBN seakan-akan mengajak para petugas bawahannya ikut aktif berjuang kepada yang dianggap berwewenang atau pihak yang berkepentingan dengan kedudukan yang lebih tinggi.
Bahkan komentar dari [ara [etugas la[angan daerah yang muncul perlu ditanggapi secara positif karena memberi bobot yang makin lengkap alasan Pimpinan, dalam hal ini BKKBN, yang mengajukan permintaan perbaikan kepada Presiden yang rajin mendengar permintaan langsung dari rakyat.
Kepekaan “telinga Presiden” atau “pejabat” yang berwenang tersebut secara langsung merupakan “tekanan” bahwa telinga kita juga harus peka. Sehingga kita bersyukur bahwa gangguan telinga dalam arti simbolis yang sukar mendengar merupakan simbul bahwa sebagai pejabat harus sangat peka mendengarkan suara rakyat banyak.