Seri 5 : Menjamin bahwa semua penduduk bekerja

U[aya mempertahankan usia yang panjang dalam Human Development Index (HDI) dalam SDGs dikaitkan dengan kelompok ini diukur  dengan ukuran sebanyak mungkin penduduk bekerja yang dikaitkan dengan konsumsi yang ideal. Dalam SDGs kelompok ini diukur bekerja dalam industry yang menghasilkan pendapatan bagi penduduk sebanyak-banyaknya. Sekali lagi ukuran yang dipergunakan adalah cakupan jumlah penduduk yang bekerja, bukan dalam bidang pertanian tradisional saja, tetapi dalam industry yang bisa diperhitungkan dengan dimensi waktu yang efisien dan menghasilkan pendapatan yang bisa lebih mudah diukur nilai tambahnya.

Proses ini sebagai pendorong bahwa system pertanian tradisional perlu dikembangkan menjadi industry pertanian yang menghargai efisiensi dan nilai tambah yang diperhitungkan dengan baik antara input dan output yang memberi nilai tambah menguntungkan  penduduknya, artinya setiap penduduk sedang sekolah atau bekerja memberi hasil pada keluarganya.

Oleh karena itu pada kelompok ini dicatat kerja penduduk pada bidang industry bukan sekedar dalam bidang pertanian tradisional biasa seperti dalam komponen HDI. Kementeria yang sangat penting perlu ditugasi meningkatkan motivasi bukan saja Kementerian Tenaga Kerja  saja tetapi juga kementerian Pertanian untuk mendorong sistem pertanian dalam pendekatan industri serta Kementerian Undustri yang mendorong dan memperkenalkan sistem efisiensi industri dalam berbgaia bidang..

Karena itu komponen ini memperhitungkan konsumsi yang bertanggung jawab, artinya pengeluaran penduduk untuk konsumsi diperhitungkan dengan cermat agar ada keseimbangan hidup sehat dengan nilai produksi kerja  yang sepadan. Komponen ini memperhitungkan penduduk sebagai sumber daya yang produktif berbeda dengan istilah bekerja pada komponen HDI sebagai ukuran masa lalu yang tidak perlu keseimbangan pendapatan pekerjaannya.   

Tiga kelompok yang telah dibahas secara ringkas merupakan perluasan HDI yang sangat memperhitungkan penduduk sebagai sumber daya yang prosuktif sehingga makan saja harus bersifat rasional seimbang dengan pendapatan kerjanya. Bersambung pada tulisan berikutnya.

Haryono SuyonoComment