Lansia sebagai Duta Pemersatu Bangsa

Penduduk lanjut usia dari berbagai propinsi Bersatu mengelilingi Nusantara ekalui jalur PT Pelni atau angkutan laut dan udara lain memberi warma [ada upaya persatuan bangsa.

Dr Joko Rusmoro yang bersama mas Dedi pensiunan BKKBN yang membentuk kelompok cinta sesama dan memiliki program mengenal dan Cinta Tanah Air serta berbagi sesama keluarga setempat merupakan cpntoh dan dambaan para lansia berbagai daerah yang dikunjunginya. dr Rusmoro yang semasa aktif sebagai pegawai BKKBN bekerja dalam bidang kontrasepsi itu dengan anggotanya sekitar 500 orang pensiunan itu, uumnya dari jajaran KB dan unit-unit mitranya seperti Ikatan Bidan Indonesia IBI setiap tahun menggelar acara mengenal tanah air melalui kunjungan langsung disertai baktin sosial sederhana yang sangat menarik.

Perjalanan ke daerah dengan rombongan kadang sampai dua ratus tiga ratus orangyang bertambah disetiap Pelabuhan dilakukan mereka “menumpang perjalanan kapal PELNI” atau pesawat terbang sehingga di setiap kota pesertanya selalu bertambah. Di setiap daerah yang dikunjunginya dilibatkan Wakil Gubernur atau Wakil Bupati yang resmiya adalah Koordinator Gerakan Lansia Daerah sebagai Tuan Rumah Daerah untuk menerima tamu ratusan lansia dari berbagai propinsi tersebut. Daerah penerima tamu ikut terangkat keatas.

Kelompok anggota yang umumnya pensiunan berusaia antara 55 tahun, atau usia 60 tahun itu adakah penggemar keliling daerah dan biasa bertugas ke daerah dimasa muda. Umumnya mereka mengenal daerah tetapi tidak pernah menikmati keindahan daerah yang terpencil tetapi mengandung nilai keindahan karena tuntutan pekerjaan yang tidak dirancang berkunjung ke daerah yang indah membawa oleh-oleh untuk berbalti sosial sesama warga lansia sesamanya.

Daerah-daerah seperti Raja Empat di Papua dulu tidak masuk acara, sekarang telah didatangi dan disambut masyarakat yang pada waktu kunjungan belum menjadi daerah touris, baru kemudian terkenal jadi daerah turis yang menarik. Daerah daerah lain yang menarik menjadi acara kunjungan dan telah didatangi dengan perasaan lega berkat dana yang  dihemat untuk urunan keliling Nusantara.

Tempat-tempat tersebut dibawah ini telah dikunjungirombongan dan di tempat itu mereka bersahabat sesama lansia    setempat. Raja Empat di Papua Barat, Sabang di Aceh, Buas di Sumatra, Merauke di Papua, Jaya Pura di Irian, Sebatik Nunukkan di Kalimantan utara, Kupang Dili NTT, Kalbar, Sail Tomini Palu, Sail Karimata Riau, Bau Bau Buton, Wakatobi Sulteng, Toraja, Lombok NTB, Natuna, Wonosobo, Pacitan, Sunbar, Danau Kalimutu Flores, Anambas, Ternate, Tidore, Morotai, Riau, dan masih banyak lagi daerah-daerah yang bagi kebanyakan kita termasuk “daerah luar negeri” karena langka tidak sempat kita kunjungi. Rombongan pak dr Rusmoro perlu diusulkan mendapat Penghargaan Khusus dari Kementerian Parwisata karena kepeloporannya berkunjung ke daerah-daerah tersebut.

Semoga Pemerintah berkenan memberikan Penghargaan tersebut.         

Haryono SuyonoComment