Srikandi Posdaya Maju Kariernya

Srikandi-Srikandi Posdaya, julukan populer bagi para dosen perempuan yang bertugas secara sukarela dalam lingkungan LPPM di berbagai Perguruan Tinggi selama tahun 2000 sampai 2015 ternyata maju pesat kariernya di masing-masing Universitasnya. Tentu itu semua bukan karena kita pengasuhnya dari Jakarta tetapi karena umumnya mereka rajin, pandai, cekatan, penuh prakarsa dan memenuhi syarat-syarat akademis untuk maju.

Yang sudah kita tulis dalam menyambut Hari Kartini 21 April ini adalah Prof. Dr. Ir Illa Sailah MS dari IPB yang telah meraih gelar akademis Guru Besar dengan sempurna.

Kemudian dari wilayah timur, pada Universitas Negeri Jember  ada Dr. Sudarti, MKes yang diserahi tugas cukup berat memimpin program Pasca Sarjana dengan program studi dalam bidang IPA yaitu Fisika, Kimia dan Biologi bidang yang tidak terlalu populer tetapi sangat berguna pada jaman industrialisasi mendatang. Ditanya apakah sudah ada program doktor beliau sambil senyum menjawab bahwa program itu dalam persiapan yang intensip sambil menjelaskan bahwa kegiatan lapangan memimpin KKN mahasiswa dimasa lalu telah memberikan percaya diri yang makin mantab dan pengalaman yang tinggi memimpin Gerakan Masyarakat yang sangat berguna.

Di bagian tengah di Yogyakarta ada Ibu  Dr Siti Rochmiyati, MPd atau Ibu Atiek yang cantik dan kalem dulu hanya Sarjana biasa yang sangat aktip dalam Posdaya dengan KKN dan Kebun Bergizi, sekarang sudah menulis namanya dengan gelar Akademis Doktor yang diperolehnya dengan usaha yang gigih dari UNY di Yogyakarta. Bersama dengan itu Rektornya, Prof Drs Pardimin, MPd, PhD, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa mengantongi gelar doktor dan Guru Besar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kebun Bergizi dikembangkan terpadu dalam acara KKB atau Kegiatan Kampung Bangkit di dua Kabupaten Bantul dan Sleman. Kegiatan itu juga terpadu dengan program Literasi Numerasi dengan menarik.

Haryono SuyonoComment