Srikandi Posdaya Bengkulu Jadi Dekan FKM

Untuk duakali masa jabatan, Srikandi Posdaya Bengkulu Dr. Eva Oktavidiati, MPH mendapat tugas sebagai Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Suatu prestasi yang terhormat di lingkungan Universitas Muhamadiyah Bengkulu.

Di masa lalu beliau ada dalam lingkungan LPPM dan sangat rajin mengembangkan semangat kebersamaan bersama para dosen dan mahasiswa mengadakan kegiatan KKN ke desa-desa. Dalam lingkungan FKM semangat kebersamaan itu melekat terus sehingga beliau sangat dekat dengan mahasiswa yang cantik-cantik dan bisa dalam suasana nesyarakat dengan kuliah merdeka menugaskan dosen dan mahasiswa “Kuliah Merdeka” pada masyarakat Desa dengan tugas pemberdayaan masyarakat menangani phenomena Kesehatan dengan pendekatan masyarakat sehingga kasus nikah usia muda,  tingkat kematian ibu hamil, tingkat kematian anak, anak lahir dengan berat badan kurang dari tiga kg, kasus stunting dan pola hidup sehat dapat dikembangkan oleh masyarakat desa sadar hidup sehat tanpa memenuhi Pukesmas yang sibuk menangani penduduk yang sakit. Para mahasiswa FKM dapat menjadi penggerak masyarakat sehingga angka kematian karena disebabkan sikap dan tingkah laku yang dilakukan oleh masyarakat seperti budaya dengan kebiasaan anak banyak berubah melaliui program KB.

Masyarakat mengatur hidup sehat secara mandiri. Dukungan dosen, mahasiswa dan lulusan FKM akan menjadi bisa merangsang stimulan yang tangguh sekaligus memperkenalkam budaya baru yang lebih dinamis. Peran masyarakat dan budaya berubah menjadi budaya hidup sehat dengan ikutan tingkah laku mandiri.

Haryono SuyonoComment