Sikandi Posdaya dari IPB Bogor itu sudah Jadi Guru Besar

Srikandi Posdaya mantan Kah jadi Guru Besar bekas Ketua Posdaya dari IPB Dr Ir Illlah Sailah MS itu setalah keliling dan sempat lama jadi pejabat penting pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, akhirnya kembali ke ITB. Hari ini beliau sudah menyandang gelar akademis sebagai Guru Besar. Kita ikut bangga karena beliau ikut merintis bagaimana mahasiswa pada waktu bertemu dengan masyatrakat di Desa ternyata mendapat kritik bahwa mahasiswa mengajar rakyat dengan ilmu yang rakyatnya sudah sangat paham.

Rakyat pelu pelajaran teori yang metupakan masa depan dari praktek yang telah dikuasiinya sehingga olah tanah dan produknya menguntungkan rakyat banyak. Rakyat tahu bahwa tanahnya tidak bertambah luas sehingga halaman rumahnya perlu disulap menjadi lahan pertanian dan ditanami dengan tanaman yang menghasilkan produk dengan nilai tambah tinggi.

Rekayasa seperti ini perlu dipelajari dan dikembangkan bersama rakyat yang tanahnya tidak bertambah luas tetapi kebutuhan hidupnya bertambah tinggi.

Selamat untuk Prof Dt Ir Illah Sailah MS yang Kembali ke Kampus menyiapkan Sarjana masa depan yang lebih canggih dan siap menghadapi phenomena yang berbeda dan selalu berubah dengan cepat  dibanding variable masa lalu. Mudah-mudahan sempat menolong generasi mendatang dengan inovasi yang lebih menjanjikan. Aamiin YRA.  Dan siap

Haryono SuyonoComment