Pidato Penasehat PB PWRI Prof. Dr. Haryono Suyono

Pidato Penasehat PB PWRI Prof. Dr. Haryono Suyono

Yang terhormat Ketua Umum PB PWRI,

Para Anggota Pengurus,

Para Pimpinan OPI dan Pengurus Daerah,

Hadirin yang berbahagia

Dengan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa pada kesempatan ini kami haturkan selamat Hari Raya Idulfitri dan mohon maaf atas segala kesalahan diiringi doa semoga kita semua diberikan Kesehatan dan kesejahteraan yang menggembirakan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami menyambut baik bahwa PB dan seluruh Cabang tetap menyelenggarakan Rakernas sebagai Forum silaturahmi, tukar pengalaman serta pngembangan gagasan baru untuk kemajuan dan kesejahteraan para anggota PWRI pada umumnya.

Kami sangat menghargai bahwa Pengurus PB PWRI dalam pimpinan Ketua Umum yang baru telah mengembangkan program-program yang dapat dilaksanakan dengan mudah oleh daerah yang memiliki semangat tinggi untuk mempertahankan kebersamaan dalam suasana pensiun yang serba terbatas dewasa ini. Banyak inovasi program dan kegiatan yang ditawarkan. Banyak pula yang segera ditangkap daerah, utamanya yang sederhana dan mudah dilaksanakan disambut dengan baik oleh pengurus cabang.

Bahkan banyak cabang yang memiliki kegiatan inovarif yang bertujuan mempersatukan anggota untuk saling bertemu, mengingat masa indah dalam perjuangan bangsa serta karya-karya cemerlang yang pernah anggota sumbangkan pada pembangunan bangsa semasa masih dipercaya sebagai pegawai negeri.

Program dan kegiatan menengok sesama naggota yang sedang sakit atau bergembira karena anaknya menikah atau mempunyai cucu baru sungguh merupakan program pemeliharaan silaturahmi yang sangat mengesankan. Kebersamaan dalam peristiwa sederhana itu memiliki dampak positif bahwa para anggota tetap akrab satu sama lain sehingga persatuan dan kesatuan diantara para anggota tetap terpelihara. Bahkan mungkin akan sangat menarik apabila Rakernas ini bisa memutuskan anggota dengan hari ulang tahun yang sama bulannya dianjurkan mengadakan pertemuan antar anggota Bersama sehingga kemerirahan terjamin karena kepentingan trrbatas dengan kebahgiaan yang diatur secara berbagi dalam kebersamaan.

Barangkali ada juga perlu dibahas diantara Pengurus daerah kebiasaan yang banyak diminati para anggota untuk dijadikan program bersama, bukan minat pengurus, tetapi minat anggota sehingga anggota merasa minat mereka terpenuhi. Rakernas bisa mengambil keputusan untuk ditawarkan pada Pertemuan resmi berikutnya menjadikannya program kerja yang intinya memelihara keakraban sesama anggota yang sangat menarik,

  Kunjungan atau pertemuan sesama pensiunan Kementerian  yang memiliki semangat tinggi menambah semangat kebersamaan anggota. Apalagi kalau disertai kunjungan ke obyek yang sedang dibangun oleh junior di kantor lama kita sehingga bisa timbul saling menghargai dengan generasi yang lebih muda.

Program lain yang dirancang oleh PB atau Pengrus Daerah tentang kesejahteraan dan kebahagiaan lansia yang berorientasi daerah sungguh tidak perlu dilakukan secara nasional karena bisa dirundingkan oleh daerah atau bahkan oleh kelompok-kelompok kecil yang akrab. Apabila berhasil bisa diperluas kepada kelompok lain yang berminat. PB PWRI bersama daerah bisa menyusun program dan kegiatan yang bisa dan mampu dilaksanakan daerah masing-masing.

Setiap pertemuan yang penuh keakraban sebaiknya diakhiri dengan foto bersama yang memberikan kenangan sesama angota  pada umumnya dalam suasana santai dan penuh keakraban bersama keluarga tersayang.

Akhirnya kami ucapkan selamat Rakernas yang kami anjurkan lebih santai dibanding di masa lalu yang tenyata dampaknya relative kecil dan sangat tidak memuaskan.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.  

Haryono SuyonoComment