Mengenang Almarhum Prof. Dr. Untung SpOG dari Temanggung

Bersama Ibu

Kemarin seorang yang belum kami kenal sebelumnya, Pak Purwoko, dari Kemloko memperkenalkan diri melalui Media Sosial. Beliau mengaku berasal dari Temanggung dan mengenal Prof dr. Untung Praptohardjo SpOG. Sewaktu kecil beliau ingat suatu Ketika kami berkunjung ke kediaman Prof dr. Untung di Temanggung yang setiap kali bertemu selalu penuh dengan senyum yang renyah bersahabat.

Bersama Pak Harto sebagai pahlawan KB

Setiap harinya dr Untung melayani pasiennya yang melimpah di Semarang. Setiap akhir minggu, dokter yang sangat mendukung Gerakan KB itu sengaja pulang kampung ke Temanggung melayani masyarakat secara Cuma-Cuma di kediaman yang di atur sebagai tempat pelayanan. Kegiatannya bukan hanya pelayanan peserta yang menggunakan pil atau spiral tetapi dr Untung siap utamanya menjadi pelpor untuk pelayanan kontrasepsi mantab melalui operasi. Kegiatan ini bukan bagian program di kala itu, tetapi sebagai dokter ahli kebidanan beliau yakin bahwa keluarga desa disiplinnya sangat rendah untuk minum pil atau kontrsepsi lainnya, sehingga dianjurkan untuk langsung operasi. Di Semarang pasiennya melimoah dan beliau sangat terkenal sebagai dokter pelopor yang sangat akrab dengan masyarakatnya. Tidak jarang masyarakat di daerahya dibawakan oleh-oleh dari Semarang berupa bibit tanaman halaman atau sayur untuk konsumsi menambah masukan gizi untuk anggota keluarganya. Atau kebutuhan lain yang dirasakan oleh masyarakat desa di sekelilingnya.

Bersama Pak Haryono Suyono Ka BKKBN

Pak Purwoko yang kami kira keluarga dekatnya,  kami minta mengirimkan foto dr. Untung, tetapi sampai sekarang belum sampai. Melalui media ini kami sampaikan salam hotmat untuk keluarga dr Untung dan untuk beliau kalau masih sugeng.

Pengukuhan

Haryono SuyonoComment