Memilih Sasaran Dalam Perluasan Jangkauan

Guna mendapatkan “tepuk tangan” yaangkauan yang meriah kita perlu dengan bijaksana memilih sasaran yan tepat dalam usaha perluasan jangkauan. Apabila perluasan jamgkauan itu bersifat “perkenalan awal” guna mendapatkan masa yang luas, perlu pancingnya ditem[atkan di daerah yang masanya sangat luas dan masing-masing memiliki akar yang menjalar luas agar setiap penambahan hasil pabcingan menghasilkan jaringan yang jauh melebihi jumlah yang ikut tertangkap dalam program perluasan tersebut. Apabila kita ingin agar perluasan jangkauan itu guna peningkatan kualitas maka perlu menebarkan jaring perluasan itu pada tempat yang memiliki sumber SDM dengan kualitas yang melebihi namanya. Dengan demikian siapapun yang “kena perangkap” dijamin memiliki kualitas unggul.

Strategi pemilihan sasaran yang tepat akan menjamin keberhasilan yang memuaskan. Salah satu contoh yang semula dianggap tidak adil adalah pembangunan Gerakan KB yang dipusatkan di Jawa dan Bali. Beberapa orang meremehkan seakan yang membutuhkan kabahagiaan dan kesejahteraan hanya keluarga di Jawa dan Bali saja. Padahal guna mendapatkan dampak masa yang besar keberhasilan yang kecil saja di dua pulau itu akan menghasilkan masa yang jumlahnya besar dan segera menyebar secara luas ke seluruh tanah air karena sasaran yang tepat memiliki akar yang merambat luas.

Perluasan awal itu akan segera menempatkan Lembaga yang ingin kita tonjolkan sebagai “idola” yang memperoleh dukungan masa yang luas dan dianggap kredibel atau pantas didukung secara kuat. Kesan awal itu sangat penting untuk disusul dengan bukti-bukti autentiek bahwa dugaan masal itu benar adanya. Disini sangat penting untuk menonjolkan piliham cerdik dari yang masal muncul jagoan “Tarsan” atau “Rambo” dalam jumlah kecil dari yang banyak itu biarpun awalnya berpakaian sederhana tetapi mampu tampil atau “ditampilkan”  sebagai  pahlawan kelompoknya. Seyogyanya yang ditampilkan itu “tidak menganggap” dirinya “luar biasa” tetapi jauh lebih lemah lembut dan berhati mulia. Kalau ini yang terjadi maka “penokohan awal” itu akan membawa hasil positif dan menyebar luas dengan kredibilitas tinggi.

Marilah kita merenung bersama dan melangkah maju dengan strategi yang tepat dalam perluasan jangkauan dengan tujuan besar membangun masyarakat yang maju, mandiri dan dinamis sesuai tututan jaman yang serba cepat dewasa ini.

Haryono SuyonoComment