Dari Sampah membawa Berkah

Pagi ini kami berbincang dengan bapak Sugianto semula Ketua Posdaya Pandowoharjo yang kini berkembang menjadi Bumdes di Desa yang sama. Dengan bangga Bapak Sugianto yang semula mengelola kelompok Posdaya lestari di  Pandowoharjo berusaha keras agar Desa tidak saja melihat aktifitas Posdaya oleh masyarakat di desa atau sekedar menjadi penonton pasif, tetapi hadir ikut memberi dukungan positif Gerakan yang dimulai melalui system gotong royong masyarakatnya. Alasannya hadirnya desa tidak boleh mematikan Gerakan masyarakat, justru ikut memberi “keresmian gerakan masyarakat” itu sebagai bagian terpadu dari desa yang aktif dan mandiri.

Dimulai dari upaya pengelolaan sampah sejak masih sebagai  Posdaya, sekarang secara resmi dilakukan pengumpulan sisa sisa makanan untuk bahan pembuatan sampah organik yang hasilnya dikembalikan kepada masyarakat sebagai pupuk organik bebas zat kimia yang menghasilkan produk pertanian yang memiliki harga lebih tinggi disbanding produk pertanian yang dikelola dengan cara biasa.

Dewasa ini Bumdes sebagai lembaga berbadan hukum melakukan penjualan pupuk yang dibuat dari sampah atau sampah organik yang sangat layak dengan system distribusi yang makin luas. Penjualan sampah organik organik yang biasanya harus keluar uang untuk mengolahnya sekarang tidak lagi. Tanaman pekarangan, Kebun Bergizi di halaman rumah sebagai Tanaman Organic sangat cocok dengan pupuk buatan masyarakat desa, bukan hanya untuk cari uang tetapi untuk manfaat bagi masyarakat desa.

Untuk usaha ini Bumdes yang dipimpin Pak Sugi memiliki dua orang tenaga kerja masing-masing bekerja delapan jam sehari menghasilkan produk yang memberi manfaat untuk seluruh masyarakat di desanya.

Para pekerja itu selain mendapatkan uang pertama-tama bekerja dengan ikhlas dan membuktikan diri berfikir, belajar dan bekerja mencari keuntungan untuk memanfaatkan sampah yang memberi manfaat untuk masyarakat luas dan tidak berfikir hanya menyerahkan ke tingkat kabupaten tetapi mengusahakan sendiri berpedoman “kalau kita cinta Indonesia maka kita harus membeli hasil produk dari desa.” Dengan demikian masyarakat Desa  berlari untuk berbagi dan mendapat keuntungan untuk kemajuan Bersama. Posdaya yang bersemangat tetap lestari menjadi Bumdes karena Kepala Desa tidak merasa ditinggalkan tetapi membawa Desa dan masyarakat Desanyahadir Bersama dalam Bumdes secara gotong royong  untuk kemajuan bersama.

Haryono SuyonoComment