Melibatkan Mahasiswa dan Lulusan Pulang ke Sekolahnya

Salah satu strategi yang diambil oleh Ibu Dr Unanpi Hidayati MSc mantan Dekan Agribisnis dalam muhibah kunjungan Ie SMA adalah mengajak dan memberi peran salah satu mahasiswa Trilogi pada SMA yang dulu dicintainya. Apabila pilihan itu tepat maka mahasiswa itu akan berperan sangat signifikan meminta Kepala Sekolah memberi perhatian dan sambutan yang sangat menguntungkan karena muridnya di Trilogi berperan dan bangga terhadap SMA dan Perguruan Tinggi pilihannya. Lebih dari itu mahasiswa yang bersangkutan akan lebih rajin membuktikan bahwa dia menyukai pilihannya dan akan menjadi lulusan terbaik.

Terlibatnya mahasiswa itu juga bisa mengatur pilihan topik utama yang sebaiknya diberikan kepada teman-temannya di SMA yang dianggap akan meningkatkan motivasi bagi para siswa untuk masuk Perguruan Tinggi Trilogi.

Contoh lain adalah memberikan demo apa saja yang dapat dikerjakan oleh para lulusan. Sebagai contoh Program Studi PAUD bisa membawa anak-anak PAUD binaannya ikut serta dalam diskusi sebagai contoh bagaimana calon guru PAUD dipersiapkan pada Universitas Trilogi dengan demo mengajak anak-anak PAUD bermain dan menyanji. Anak-anak SMA bisa diajak ikut anak-anak PAUD bermain dan menyanyi bersama sehingga suasana bisa meriah dan memberi kesan menggembirakan. Peristiwa itu akan dikenang dan bisa melembaga menyebabkan minat partisipasi yang tinggi.

Bisa juga para dosen yang berkunjung mengajak anak-anak SMA membentuk kelompok dan mengajak mereka mencari bakat dengan melukis sebagai bagian dari Prodi Visual dengan bimbingan dosen dan diberikan hadiah untuk anak yang berbakat masuk dalam Prodi yang relevan.

Intinya adalah bahwa para siswa bukan hanya menjadi penonton atau pendengar yang baik tetapi ikut aktif sebagai partisipan dalam Gerakan Bersama murid SMA makin jatuh cinta kepada Universitas Trilogi. Selamat berkarya dan berhasil……  

Haryono SuyonoComment