Mahasiswa FIKES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Praktik Profesi Keperawatan Gerontik di STW-RP

Salah satu kegiatan TOP bagi caregiver yang dipaparkan oleh mahasiswa FIKES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

GEMARI.ID-CIBUBUR. Pada hari ini merupakan hari terakhir 34 mahasiswa/i Prodi Ners FIKES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan Praktik Profesi Keperawatan Gerontik di Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan (STW-RP) di bilangan Cibubur, Jakarta Timur dan mereka melaksanakan praktik selama 12 hari sejak tanggal 26 Januari 2023 lalu, demikian dikatakan Kepala STW-RP, Ns Ibnu Abas, M.Kep, S.Kep. Kom di Jakarta. Jum’at (10/02/2023).

Menurut Abas sapaan akrab Kepala STW-RP, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah mitra kerja STW RIA Pembangunan sejak tahun 2018 lalu, hal ini tertuang melalui kerjasama (MOU) dalam bidang pendidikan untuk praktik profesi dan kuliah pakar, termasuk penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya di bidang perawatan gerontik atau lanjut usia, katanya.

Terlihat salah seorang mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan kegiatan Terapi Kelompok pada Lansia STW RIA Pembangunan

Selanjutnya Abas menjelaskan bahwa, Dr. Uswatun, MSN selaku koordinator MA Keperawatan Gerontik menyampaikan alasan UIN bekerjasama dengan STW RIA Pembangunan adalah karena STW-RP memiliki kharakteristik lansia yang unik dan heterogen, berpendidikan baik, bahkan ada yang berpendidikan tinggi, budaya dan agama yang beragam, kondisi kesehatan yang heterogen. Disini para lansia bukan menjadi objek pembelajaran, tetapi sebagai subjek, bahkan bisa menjadi pembimbing bagi para mahasiswa, jelasnya.

Seperti halnya hari ini, para mahasiswa berkesempatan berdiskusi dengan Bapak Nazarudin Nasution dan Ibu Ida Ismail Nasution dalam sesi sharing bersama lansia terkait dengan kesan dan pesannya. Selain itu, fasilitas belajar yang lengkap termasuk hunian yang aged friendly, layanan kesehatan khusus lansia,  ruang kegiatan/recreational therapeutic, ruang kuliah, Wifi dan perpustakaan. Di STW-RP juga memiliki SDM yang mumpuni dan memenuhi kriteria untuk belajar mahasiswa, termasuk juga staf yang disini dengan berlatarbelakang S1, bahkan ada yang S2 spesialis dari kampus terkemuka di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, imbuhnya.

Bapak Nazarudin Nasution dan Ibu Ida Ismail Nasution saat berdiskusi dan sharing pengalaman dengan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sementera itu Ketua Umum Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan (YKBRP), dr. Sri Kusumo Amdani, SpA(K), MSc, menurut Abas mengatakan, dirinya terus memberi dukungan kepada Kepala STW RIA Pembangunan untuk membangun jaringan dengan berbagai pihak untuk kemajuan STW-RP, untuk itu STW RIA Pembangunan harus terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi yang berkualitas, seperti Univeritas Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UNTAR, UIA dan lainnya dalam rangka pengembangan layanan untuk kesejahteraan lansia dan kemajuan STW RIA Pembangunan, paparnya.

Terlihat salah seorang mahasiswa UIN Syari Hidayatullah Jakarta memberikan IHT untuk caregiver STW-RIA Pembangunan

Selain itu, salah seorang mahasiswa bernama Nurul, mewakili teman-temannya menyatakan bersyukur dan senang bisa belajar di STW-RP, karena banyak mendapatkan kesempatan yang luar biasa dalam menggapai cita-citanya menjadi seorang perawat profesional dengan praktik di STW RIA Pembangunan ini. Dirinya mengharapkan STW RIA Pembangunan akan makin maju dan kelak adik-adik di tingkat bawahnya bisa juga terus praktik dan belajar di STW-RP ini, katanya. @MDP.

Mulyono PrawiroComment