Memperlancar suatu proses

Hari Rabu kemarin BRIN yang dipimpin Ibu Dr. Tina Fizzanty menggelar acara Webinar mendengarkan kuliah santai dari Prof Dr Haryono Suyono, sekarang tergolong Sosiolog senior tentang kemandirian dimulai dari Pendidikan berkelanjutan.  Acara yang berlangsung lebih dari dua jam oleh mantan Menko Kesra Taskin pada jaman Kabinet Pak Harto dan pak Habibie itu mengurai pengalaman Indonesia.

Acara yang disponsori Brin – Badan Riset dan Inovasi Nasional dibawakan oleh moderator Prof Dr. Oos Anwas dengan para peserta dari pusat dan Jaringan Penelitian yang ada di kantor-kantor BRIN di seluruh Indonesia. Setelah acara dibuka kemudian diserahkan kepada Prof Dr Oos selaku moderator yang memperkenalkan pembicara kepada para peserta tingkat pusat dan daerah.

Setelah uraian Prof Dr Haryono Suyono pada peserta jajaran Brin tentang SDGs sebagai kelanjutan MDGs yang disponsori PBB dan telah dilaksanakan selama 15 tahun mulai tahun 2000 sampai tahun 2015, dari pertanyaan peserta timbul kesan bahwa penelitian BRIN belum banyak diarahkan pada bagaimana Indonesia melaksanakan MDGs atau SDGs.

Begitu juga para anggota terkesan melakukan penelitian yang bersifat deskriptif mengurai komponen yang diteliti tetapi belum meneliti bagaimana suatu proses diteliti dari awal sampai sukses terakhir serta hambatan apa yang masih perlu diselesaikan agar proses serupa tidak berulang menghadapi hambatan yang sama.

Disarankan agar dari banyak penelitian pengembangan oleh BRIN, termasuk penelitian kemandirian, melihat proses itu sebagai suatu proses berkelanjutan seehingga pelaksana bisa belajar dari proses tersebut termasuk cara menghilangkan hambatan agar proses selanjutnya berjalan lebih lancar.

Haryono SuyonoComment