Mukernas dan Peringatan Hari Disabilitas Lancar

Hari ini Selasa tanggal 5 Desember 2023 dimulai sekitar jam 9.00 pagi sampai jam 16.00 DNIKS menggelar dua acara yang sangat penring dengan lancar. Gagasan dua acara itu tercetus sejak rombongan Pimpinan DNIKS mengadakan silaturahmi pada Prof. Dr. Haryono Suyono selaku Ketua Dewan Penasehat DNIKS minggu lalu.

Pjs Ketua Umum, Dr Hendratmoko, yang menjabat Ketua Umum menggantikan Bapak Tantyo Sedharmono yang meninggal dunia baru-baru ini dan rekan-rekannya, merasa puas dengan hasil Musyawarah Nasional DNIKS dan acara Peringatan Hari disabilitas Internasional yang digelar satu hari penuh dari jam 9.00 pagi sampai jam 16.00 petang di Kantor DNIKS tersebut.

Hasil kerja dalam waktu singkat tersebut merupakan modal bahwa pengurus yang ada daoat meneruskan masa kerja Mas Tantyo sebelum DNIKS siap mengadakan msyawarah untuk menyempurnakan susunan organisasi yang baru.

Acara-acara DNIKS bulan Desember ini masih banyak seperti Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional serta penyusunan rencana kerja untuk tahun depan yang segera harus siap sebagai bahan pengantar pemilihan pengurus yang berbobot. Karena itu pengurus harus segera mengadakan Rapat-tapat yang intensip untuk kedua kegiatan tersebut, lebih-lebih mengadakan tindak lanjut atas hasil Munas dan peringatan hari Disabilitas Internasioanl hari ini.

Peringatan hari Disabilitas internasional hari ini sungguh mengesankan setelah dibuka oleh Ketua Umum, disambung dengan pesan-pesan khusus Ketua Dewan Pembina, Ketua Dewan Perwakilan Anggota dan dua penyajian materi oleh Ketua PPCI dan Ibu Yuli tentang pengalaman sebagai penyandang disabilitas yang bergerak dengan dinamika yang tinggi.

Penyajian kedua tokoh tersebut merupakan contoh bahwa DNIKS dapat ikut bertindak sebagai pengawal serta mendorong organisasi sosial dan masyarakat umum melakukan kerja sama sosial yang lebih erat agar masalah disabilitas dapat dilakukan secara gotong royong bukan hanya oleh PPCI tetapi dipertanggung jawabkan pada masyarakat secara total.

DNIKS perlu ikut mendorong dan membantu PPCI ikut menggerakkan masyarakat luas makin peduli trerhadap persoalan masyarakat tersebut. Semoga…..

Haryono SuyonoComment