DNIKS Memperingati Hari Disabilitas Internasional

Hari Selasa tanggal 5 Desember 2023 DNIKS bertempat di Kantornya Jl Tanah Abang Jakarta merencanakan mengundang anggota Pimpinan DNIKS dan Organisasi Sosial Kemasyarakatan, termasuk Organisasi Penyandang Cacat, menggelar pertemuan untuk memperingati Hari Penyandang Catat Internasional yang jatuh pada tgl 3 Desember 2023.  Pertemuan itu diselenggarakan secara hybrit kombinasi antara pendekatan tatap muka dan pendekatan jarak jauh menggunakan system internet Zoom.

Acara tersebut direncanakan sekaligus mendoakan Ketua Umum DNIKS Tantyo Sudharmono yang baru-baru ini meninggal dunia karena sakit. Setelah dimulai dengan upacara pembukaan, acara dilanjutkan oleh Pejabat Ketuam Umum Dr  Hendratmoko  dengan pidato pembukaan yang berisi ajakan membacakan doa untuk Ketua Umum Almarhum Tantyo Sudharmono serta ajakan untuk tetap semagat melanjutkan perjuangannya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pengantar oleh Prof Dr Haryono Suyono dengan pidato pembukaan tentang makna Hari Disabilitas yang menjadi tanggung jawab kita serta berbagai usaha mengisi makna yang sangat penting bagi para anggota masyarakat yang menderita disabilitas dalam acara yang dikoordinasikan oleh DNIKS.

Peran koordinasi tersebut perlu diberi arti positif sebagai diisyaratkan oleh Ki Hajar Dewantoro yaitu “ing ngarso sun tulodo”. Pada tingkat awal perlu percontohan disertai semangat bagaimana mengerjakan kegiatan secara operasional sehingga masyarakat mampu dan mau mengerjakannya secara sempurna dalam kualitas yang baik.

Cara melihat yang baik ini adalah dengan melihat hasil kerja dari pelaku yang paling lemah menuju kepada pelaku yang sempurna. Aapabila pelaku yang terlemah bisa mengerjakannya dengan baik maka asumsinya pelaku yang baik diharpkan hasilnya lebih baik. Biarpun asumsi tersebut sebagian benar tetapi kita bisa asumsikan  ada saja yang tdak benar. Karena itu perlu pngecekan secara nyata dengan system acak.

Dalam pidato arahannya diharapkan Prof Dr Haryono Suyono yang pernah menjabat Ketua Umum DNIKS selama tiga masa jabatan mengajak seluruh anggota menterjemahkan petujuk tehnis kegiatan organisasi secara sederhana mengarah kepada tingkah laku yang bisa dikerjkan oleh anggota yang memiliki Pendidikan dan ekonominya rendah. Biarlah kita dituduh membuang buang waktu tatapi nyata bahwa pada umumnya aggota kita lugu atau kurang faham petunjuk tehnis organisasi yang kita miliki.

Lebih dari itu kita perlu rajin menyajikan program yang memberi hasil positif. Hasil poditif itu akhirnya menunjukkan tingkah laku positif pula. Begitu perlu penyajian sederhana agar mudah dimengerti dan tidak menimbulkan arti ganda pada konsep yang sudah jelas tetapi belum tentu jelas untuk penerima pesan lainnya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan beberapa penyajian yang semua disiarkan melalui Radio DFm 103.4m serta dipasang pada YouTube DFm 103.4m. Semoga rencana ini merupakan kebangkitan Kembali dari DNIKS yang sangat kita cintai.

Haryono SuyonoComment