Latihan Gamelan di Siti Padmirah Berjalan Lancar

Latihan menggunakan gamelan Jawa di Pusat Pemberdayaan Keluarga Siti Padmirah di Pucangsewu, Pacitan, berjalan lancar. Pusat pemberdayaan yang dupimpin oleh Ibu Sulih dan mas Adi tersebut diresmikan oleh pak Haryono Suyono beberapa waktu lalu dan mendapat titipan gamelan dari keluarga almarhum Mas Danuri.

Gamelan tersebut semula adalah peninggalan kakek yang disimpan saja di Gudang. Disarankan agar digunakan untuk anak-anak dan ibu-ibu memajukan seni menabuh dan mengiringi tarian atau wayang di Pusat Pemberdayaan Keluarga Siti Padmirah dengan instruktur Ki Bimo dari Desa Sumberharjo.

Ternyata pelatihan itu mendapat perhatian dan kami harapkan Pemda Pacitan bisa menyebar luaskan kepada SD lain secara bergiliran atau mengadakan lomba antar sekolah sehingga suasana berbudaya masyarakat Pacitan bertambah tinggi.

Atas ijin Kepala Sekolah Ibu Wiwik Diah Yuniani SPd hari ini ada giliran siswa-siswa SD Pucangsewu berlatih. Ibu Kepala Sekolah menugaskan seorang guru yang cantik Ibu Sri Wahyuni mengantar anak-anak SD tersebut mengingikuti pelatihan. Dari foto yang dikirim kelihatan sekali semangat anak-anak tersebut memukul gamelan yang telah dilaras Ki Bimo beberapa waktu lalu. Kami jadi kepingin melihat anak-anak itu berlatih dan gebyar untuk umum.

Sementara ini telah ada dua SD yang ikut berlatih yaitu SD Pucangsewu dan SD Sumberharjo, Tentunya masih bisa diundang SD lain yang jaraknya dengan Pusat Pemberdayaan Keluarga Siti Padmirah tidak jauh. Dari SD lain bisa saja berlatyih siang hari setelah pulang sekolah.

Haryono SuyonoComment