Wisuda Angkatan ke-17 STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Akan Segera Digelar

Ketua STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Sri Danti Anwar saat diwawancarai awak media.

(GEMARI.ID) - CIBUBUR. Hari ini Ketua STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Sri Danti Anwar memimpin rapat pimpinan dengan Badan Penyelenggara di kampusnya di Kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua I Imelda Diana Mersilia, Wakil Ketua II, Ninin Nirawaty, Kepala PPPM, Dina Martha Fitri, Kepala SPMI, Ridho Muhammad Dhani dan Sekretarsi Badan Penyelenggara, Dr Mulyono D Prawiro. Selasa (14/11/2023).

Seusai rapat Ketua STIKes MRHJ, Sri Danti Anwar kepada awak media menjelaskan, dalam rangka pelaksanaan wisuda tahun ini, persiapan sudah kita mulai sejak tiga bulan yang lalu dengan membentuk panitia pelaksana, jadi ada ketua panitianya, kemudian dibagi dengan seksi-seksinya dan mereka ini sudah bekerja sejak tiga bulan yang lalu menyiapkan masing-masing seksi tentu saja harus mengajukan rencana kegiatan dan anggarannya, jelasnya/

Sri Danti Anwar saat memimpin rapat di ruang rapat kampus STIKes Mitra RIA Husada Jakarta di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Menurutnya, untuk wisuda kali ini memang dibandingkan dengan tiga tahun terakhir, ini merupakan wisuda yang jumlah wisudawannya cukup banyak dan rencananya kita akan menyelenggarakan wisuda Menara 165 yang ada di jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Biasanya kami menyelenggarakan wisuda itu tiap tahun di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tetapi kami melihat TMII itu sekarang aksesnya tidak mudah, karena sudah direnovasi, kemudian biayanya juga melebihi budget yang ada, paparnya.

Selanjutnya ia mengatakan, di dalam wisuda itu tentu kegiatannya nanti selain kami mewisuda, para wisudawan tentu ada istilahnya angkat tumpah, jadi para tenaga kesehatan ini juga nanti akan membacakan sumpah, sumpah sebagai tenaga kesehatan dan juga nanti angkat sumpah oleh Ikatan Bidan Indonesia, bisa oleh ketua umum atau yang mewakili IBI, untuk juga mengangkat sumpah para calon-calon bidan. Di dalam wisuda nanti, kesempatan yang baik ini kami akan mengundang salah satu akademisi dari Universitas Indonesia, beliau memang berlatar belakang kesehatan masyarakat yaitu Prof Dr Adang Bachtiar. Beliau ini sudah lama bekerja sama dengan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, bahkan pernah juga mengajar di STIKes MRHJ. Nantinya beliau juga akan menyampaikan orasi ilmiah yang terkait dengan peran tenaga kesehatan di era Official Intelligence. Selain itu, di wisuda ini kita akan menginformasikan, mengumumkan the best student-nya, mahasiswa yang terbaik dari semua Prodi dan kita juga akan memberikan penghargaan kepada mereka, jadi kira-kira itu rencana kegiatan wisuda, katanya.

Ibu Danti sapaan akrab Ketua STIKes MRHJ menambahkan, wisudanya ini sudah angkatan ke-17, jadi kita akan mengundang semua stick holder terkait mulai dari Pembina, Pengurus Yayasan, kemudian juga seluruh civitas akademika, kemudian juga kita mengundang nanti dari LLDIKTI wilayah III, kemudian juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dan juga semua mitra-mitra kerja yang selama ini bekerja sama dengan kita, imbuhnya.

Selain itu dirinya berpesan kepada seluruh wisadawan/wisudawati, rencananya saya pada saat wisuda itu akan menyampaikan sambutan, kita namakan itu sekapur sirih, jadi rencananya nanti selain saya mengucapkan selamat kepada mereka dan juga kepada orang tua dan walinya yang sudah mendukung pada studi mereka selama di STIKes MRHJ, saya akan menyampaikan bahwa tantangan ke depan tidak mudah, tetapi walaupun bagaimana Insyaallah tenaga kesehatan ini masih tetap dibutuhkan, baik itu yang nanti bekerja di fasilitas kesehatan maupun juga di perusahaan, di khususnya untuk lulusan kesehatan masyarakat maupun juga nanti di tempat-tempat lain dengan luasnya Indonesia, tenaga kesehatan kita itu masih kurang, tentu itu menjadi suatu peluang bagi mereka untuk tidak begitu lama bisa mendapatkan pekerjaan.

Menurut hasil studi kami, lulusan dari STIKes MRHJ ini memang tidak lama-lama menunggu atau menganggurnya begitu. Nol sampai tiga bulan mereka kemudian bulan ke-empat itu mereka sudah mendapatkan job, jadi itu peluang yang sangat baik tetapi saya juga mengingatkan di dalam sambutan saya nanti bahwa mereka perlu terus belajar, karena saat ini perkembangan teknologi, dunia yang terus berubah, kemudian juga tantangan-tantangan dengan berbagai bidang, sosial, ekonomi, budaya dan kondisi yang berubah, mereka perlu meningkatkan keterampilannya, pengetahuannya, wawasannya, sehingga mereka bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi yang ada, dan juga saya nanti akan menekankan agar mereka juga bisa menjadi role model di tempat kerjanya masing-masing maupun juga di masyarakat.

Ibu Danti menitipkan pesan, jangan melakukan hal-hal yang tidak terpuji dan tetap membawa nama baik kampus, sebagai alumni yang paling penting nanti mereka tetap menjalin silaturahmi dengan STIKes MRHJ ini. Dan kita sangat mengharapkan nanti para alumni juga bisa menjadi bagian yang penting dalam rangka mencari calon-calon mahasiswa baru agar bisa kuliah di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, pungkasnya. @mdp

Ade SudrajatComment