Mas FaJar Wiryono Melatih Jemaat Gereja

Mas Fajar Wiryono atas nama Organisasi Maporina mengajak para Jemaah Gereja belajar menanam tanaman organik seperti halnya para peserta dari Masjid yang telah belajar dan menanam tanaman sayur tanpa pupuk buatan sehingga bebas dari residu zat kimia.

Acara hari Sabtu yang lalu diadakan oleh Seksi Lingkungan Hidup Paroki Gereja St Teresia Jakarta. Acara dipimpin oleh Ibu Maria dan Ibu Viena. Acara ini merupakan hasil dari kerjasama antara Maporina dengan Seksi Lingkungan Hidup gereja-gereja di Jakarta untuk sosialisai pangan sehat organik dengan seminar  bersama umat dan paroki gereja.

Hadir dalam acara ini Ketua Umum Maporina Bapak Sumbandriyo bersama Narasumber Wakil Ketua Umum Maporina Bapak Fajar Wiryono dan Ketua Bidang Pasca Panen Bapak Pieter Langka.

Setelah acara dibuka dengan sambutan sambutan dilanjutkan dengan paparan oleh Nara sumber Drs Fajar Wiryono dan pelatih kedua yang secara rinci menguraikan cara-cara mengolah lahan sampai memilih tanaman sayur yang disukai oleh konsumen dan ditanam dengan baik oleh petani perkotaan anggota gereja yang berminat. Dalam pelatihan yang berlangsung satu hari penuh itu ikut serta banyak peminat sampai mencapai jumlah 78 orang yang mengikuti pelatihan dengan sangat antusias.

Aapabila peserta masih memerlukan tambahan pengetahuan atau tehnis mengolah tanah atau memulai dan memelihara tanaman lebih lanjut, bisa melihat langsung di Kebun Jalan Perdatam atau di Kebun ASstuty di Kampung Cinangka yang hasil tanamannya telah langsung laku jual secara rutin dan sangat digemari oleh para pelanggannya.  

Kesan yang muncul adalah bahwa para preserta sangat antusias dan Bersiap untuk segera mulai membuka Kebun Sayur sebagai bakti masyarakat untuk kepentingan hidup sehat dengan makan sayur tanaman Organik. Semoga.

Haryono SuyonoComment