Panti Werda RIA Pembangunan siap menerima lansia

Panti Werda RIA Pembangunan yang menempati Gedung yang indah di Cibubur dewasa ini telah ditata jauh lebih rapi dibandingkan masa-masa sebelumnya. Dalam pertemuan dengan Dewan Pembina beberapa waktu lalu disepakati bahwa Panti ini siap menerima tambahan peserta binaan untuk lansia lebih banyak lagi. Bahkan Ibu dr. Sei Kusuno Amdani, SpA (J), MSc, sekaligus Ketua Umum Yayasan, menyebutkan bahwa Panti Wreda tersebut siap menerima tamu tidak tetap, misalnya ingin tinggal selama satu minggu sekedar melepas rasa bosan tinggal di rumah masing-masing. Atau satu bulan dengan ditemani anak atau cucunya untuk menikmati pertemanan bersama teman-teman lainnya atau mengadakan pertemuan sesama lansia seusia yang lama tidak salling bdrtemu. Suatu suasana yang mungkin tidak bisa dilaksanakan di rumah masing-masing karena repot ngurus makanan dan lainnya, atau di hotel yang biayanya bisa menjadi sangat mahal. Organisasi lansia di desa-desa atau kumpulan lansia di beberapa kantor bisa menyelenggarakan pertemuan rutin satu bulan satu kali.  Untuk setiap pertmuan beberapa hari sambal nostalgia yang menarik. Makanan dan konsumsi bisa diatur dengan mudah Bersama pengurus yang ada relative sama besarnya dengan makan di rumah masing-masing.

Suatu Pertemuan para lansia bersama generasi muda mitranya bisa diselenggarakan di Panti Wreda dimana setiap pagi bisa dilakukan senam pagi di halamannya yang luas atau jalan-jalan di komplek Gedung sambal menyaksikan mahasiswa Sejolah Kebidanan yang rajin belajar sejak pagi hari, kalau perlu bisa diatur praktek paei mahasiswa Kebidanan itu untuk para ibu-ibu lansia dengan petunjuk genecology untuk para lansia.  

Kebih dari itu kamar tidak perlu ditata setiap pagi karena sudah ada yang mengatur kebersihannya. Program semacam ini bisa diatur pula dengan kegiatan yang diatur bersama generasi muda di kampung masing-masing sehingga lansia bersama generasi muda bisa memadakan kegiatannya di Panti Wreda yang dewasa ini meningkatkan kenikamatan para lansia bebas dari pelayanan rutin seperti biasa.

Para kelompok lansia dari suatu Kementerian bisa juga tinggal beberapa hari di Panti Wreda menyelenggarakan Webinar dengan rekan-rekannya dari seluruh Imdonesia karena Panti juga dilengkapi dengan system internet yang canggih dan fasilitas Webinar yang dapat digunakan.

Oleh karena itu Lembaga dan Organisasi Lansia diundang untuk memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan tersebut guna meningkatkan kesejahteraan lansia anggotanya. Semoga bermanfaat.   

Haryono SuyonoComment