Kru D Radio Berkiprah di Desa sangat terbelakang

D Radio memiliki sejarah yang panjang . Semula bernama Radio Taman Mini. Setelah kurang terpelihara, oleh Almarhumah Ibu Toen Soeharto diserahkan kepada Almarhumah Ibu La Rose untuk dilanjutkan. Karena kesulitan Keuangan Almarhumah La Rose minta bantuan Prof, Dr Haryono Suyono untuk bertahan dengan siaran musik dan hiburan. Kemudian Almarhumah La Rose sangat sibuk dan menyerahkan Radio itu kepada pak Haryono. Karena beliau Ketua Yayasan Damandiri pada waktu itu, maka Radio diserahkan kepada Yayasan Damandiri dimanfaatkan untuk menggerakkan kegiatan KKN pembentukan dan pembinaan Posdaya bersama ribuan Perguruan Tinggi.

Setelah pak Haryono tidak lagi aktif pada Yayasan Damandiri, D Radio berkembang seperti sekarang diolah oleh gabungan Damandiri dan Ibu Tutut Soeharto dengan acara hiburan yang menarik. Acara diseling dengan informasi pembangunan dibantu oleh Yayasan Damandiri.. Minggu lalu Prof. Dr Harono Suyono minta Yayasan untuk membantu agar D Radio bisa ikut berjuang membantu dua Perguruan Tinggi yang didirikan oleh Pak Harto dan Ibu Tien promosi kegiatannya.

Dalam rangka itu, barangkali, rombongan D Radio yang selama ini kita ajak berjuang memberdayakan keluarga miskin, minggu lalu berkunjung pada Kelompok Ibu Yuli di Bekasi untuk melihat kegiatan pengentasan kemiskinan di kampung yang jauh dari perhatian masyarkat biasa,

Para kru radio yang biasanya bertengger di Gedung Besar di Granadi hari itu berlayar menyusur sungai pinggir laut menggunakan perahu sangat keci yang bisa bergulir dan salah-salah penumpangnya jatuh ke laut. Tetapi dengan tekad yang tinggi para kru berani berkunjung ke pusat   keluarga miskin yang  sedang dikembangkan oleh kelompok Ibu Yuli yang didukung oleh Kelompok Mas Fajar dan juga oleh keluarga Cendana.

Garapan itu adalah membantu Ibu Yuli yang selama ini dibina oleh Yayasan Anugerah Kencaba Buana dengan relawan dari Kampung Pesing yang hampir selalu kebanjuran untukm saling gotong royong malakukan pemberdayaan keluarga dengan sangat baik. Gotong royong itu ternyata menghasilkan hasil positif menambah percaya diri yang lebih tinggi dan kesejahteraan bersama yang saling menguntungkan. D Radio secara rajin menyiarkan kegiatan mereka sehingga memberi semangat kepada [para pekerja sukarela di daerah tersebut. Semoga kunjungan itu melahirkan gagasan-gagasan cemerlang dan memberi semangat kepada kru radio berbakti lebih terarah lagi. Lebih daroi itu memberi semangat kepada relawan di daerah miskin karenakegiatan mereka ditonjolkan dalam siaran D Radio. Semoga membawa hasil positif untuk perkembangan bangsa, Aamiin Ya Robil Alamin.

Haryono SuyonoComment