Penyegaran Pendidikan S2 Pemberdayaan Masyarakat atau Pemerintahan Desa

Rektor Universitas Trilogi yang baru Prof. Dr. Pramono Hari Adi hari Kamis ini akan mengadakan pertemuan dengan para Dirjen dari Kementerian Dalam Negeri dan dosen yang dimasa lalu menyelenggarakan Pendidikan S2 untuk Pemberdayaan atau Pemerintahan Desa yang di masa Pandemi Cocid yang lalu sempat diberhentikan karena semua pejabat yang mengikuti kuliah bekerja keras menangani dan mencegah penyebaran serangan Virus yang ganas tersebut.

Dewasa ini berkat penanganan secara gotong royong itu penyebaran Covid dapat dikendalikan sehingga timbul gagasan untuk membuka kembali Pendidikan tinggi bagi para Bupati, Camat dan pejabat tingkat kecamatan dan Desa yang diharapkan makin maju sampai tingkat Sarjana Strata dua.

Ada beberapa pemikiran bahwa tingkat Pendidikan ini perlu bersifat praktis melebihi tingkat Pendidikan Strata satu yang telah berkembang dengan baik. Para lulusan Strata dua dengan cekatan bisa mengetrapkan Ilmu mengembangkan startegi dan Langkah-langkah terfokus, memiliki target yang jelas dan menganut tahapan dengan demensi waktu yang jelas guna menyelesaikan keterbelakangan masyarakat desa dalam waktu terukur untuk maju mengejar persiapan masyarakat desa pada umumnya menghadapi masa era baru yang serba elektronik dan sangat cepat.

Lebih dari itu masyarakat bukan mendapatkan pemberdayaan secara umum dan merata karena dasarnya tidak merata tetapi mendaptkan proses atau intervensi pemberdayaan secara terfokus sesuai kondisinya sehingga yang sangat ketinggalan mampu bekerja lebih giat dengan bekal jalan lapang dalam pembangunan yang didukung system gotong royong yang bersahabat oleh seluruh struktur masyarakat membangun yang terpadu.

Pertemuan hari Kamis yang rencananya dihadiri para Dirjen dari Kementrian Dalam Negari ini akan mencari rumusan terbaik agar Pendidikan S2 yang dirancang dapat diikuti sebanyak mungkin ternaga lapangan tanpa menjadikan lapabgan kosong tidak ada pemimpinnya karena sedang mengikuti kuliah di perguruan tinggi.

Pengalaman selama masa Covid akan dimanfaatkan dengan baik sehingga system hibrit akan menjadi pilihan yang terbaik. Kita berharap upaya yang luhurini akan bisa dipersiapkan dengan baik dan hasilnya membawa manfaat yang tinggi bagi masyarakat secara luas. Aamiin YRA.  

Haryono SuyonoComment