Peringatan Ulang Tahun Damandiri

Hari Selasa tanggal 17 Januari 2023 Yayasan Damandiri yang dewasa ini dipimpin Letnan Jendral Sugiono bersama seluruh  karyawan dan simpatisan mengadakan acara tumpengan memperingati Hari Ulang Tahun pendirian Yayasan ini tanggal 15 Januari 1996. Yayasan yang berusia 27 tahun ini bergerak membantu pemberdayaan keluarga Imdonesia yang telah memulai usaha memberdayakan keluarganya semdiri bebas dari kemiskinan.

Upaya prioritasya semula berkonsentrasi pada pembentukan kelompok pemberdayaan di setiap desa agar bersama-sama secara gotong royong mampu mengembangkan program dan kegiatan saling menolong sesamanya untuk bebas dari lembah kemiskinan.

Karena staf Yayasan terbatas maka usaha membentuk kelompok keluarga di desa-desa itu dilaksanakan melalui kegiatan bersama-sama Perguruan Tinggi yang mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke desa-desa. Ribuan      Posdaya terbentuk di seluruh Indonesia.  

Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh KKN Posdaya ini pada waktu itu sangat populer yang berlangsung dikembangkannya Kementerian Desa dengan program pembangunan desa yang dananya disediakan oleh pemerintah melalui Dana Desa sejak tahun 2015. Dan sejak tahun itu kegiatan Yayasan berubah total tidak lagi sesuai dengan aspirasi para pendirinya tetapi konsentrasi pada sekitar sepuluh desa di seluruh Indonesia membangun model-model dengan harapan ditiru oleh desa-desa lainnya. Kerjasama dengan ratusan Perguruan Tinggi berhenti dan diganti dengan kerja sama bersama sepuluh desa saja.

Program ini berhasil membuat Desa Wisata tetapi tidak meluas ke desa-desa lain. Karena itu dibawah Ketua yang baru dilakukan konsolidasi organisasi dan program serta kegiatannya. Mudah-mudahan kegiatan yayasan masa lalu berulang kembali.

Acara pemotongan tumpeng dilakukan oleh IbuMamie Soeharto dan diberikan kepada Ketua MayorJendral Sufiono dan sesepuh Prof Haryono Suyono. Acara dilanjutkan dengan silaturahmi antar para tamu fari berbagai Yayasan yang hadir.

Selamat Ulang Tahun dan semoga makin jaya.

Haryono SuyonoComment