Membangun Kerjasama Antar Perguruan Tinggi di Jakarta

Setelah Pertemuan Pengurus YPPIJ di Pengadegan, hari ini Ketua Umum YPPIJ Prof. Dr Ir Arissetyanto Nugroho,MM didampingi Ketua Pembina Prof. Dr Haryono Suyono mengadakan kunjungan pada STIKes Mitra RIA Husada Jakarta di Cibubur. Seperti diketahui Universitas TRILOGI didirikan oleh Almarhum Bapak HM Soeharto dari yang semula Sekolah Tinggi Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia (STEKPI) guna memperuas penyediaan tenaga Sarjana berjiwa Pancasila dan siap membangun bangsa guna menangani pembangunan bangsa yang volumenya makin besar.

Sedangkan beberapa fasilitas di Cibubur, termasuk Perguruan Tinggi yang ada, didirikan oleh almarhumah Ibu Tien Soeharto sebagai Unit Tehnis memproduksi tenaga atau Lembaga Percontohan yang berdedikasi tinggi, dilengkapi tenaga ahli dan terampil guna mengisi kekurangan sumber daya manusia guna mendukung pembangunan tersebut atau memberi contoh secara nasional bagaimana mengelola unit-unit pelaksanaan pembangunan untuk sebesar-besar kesejahteraan masyarakat di lapangan.

 Kedua beliau itu berhasil membuat kedua Unit besar tersebut beroperasi tetapi  belum sempat memadukan keduanya secara sinergis saling mengisi sehingga antara keduanya saling mengusung dengan fokus pada daerah di tanah air yang belum digarap secara terpadu. Para pelaksana di lapangan disibukkan melaksanakan tugas agar masin-masing unit bisa beroperasi secara penuh, mandiri dan berkelanjutan.

Generasi penerus dewasa ini diharapkan mempersatukan tekad tersebut dalam keterpaduan yang harmonis, saling mengisi serta maju bersama-sama dalam perluasan jangkauan agar hasilnya benar-benar membawa manfaat yang sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat luas.

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum YPPIJ didampingi Ketua Dewan Pembina dimaksud untuk menjajagi apa saja yang segera dapat dipadukan dalam kerja sama agar cita-cita kedua almarhum dapat dilaksanakan dengan mulus sejajar dengan langkah-langkah yang diambil dalam skala besar oleh pemerintah.

Sampai di Cibubur rombongan diterima oleh Ketua STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Dra Sri Danti Anwar, MA dan seluruh jajaran termasuk Dr dr Andi Julia Rifiana, M.Kes dan Dr Mulyono D Prawiro serta para Wakil Ketua termasuk Dra Ninin Nirawaty, MEd.PA serta dosen termasuk staf bagian Marketing dari STIKes MRHJ.

Setelah acara dibuka oleh Ketua STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Dra Danti Anwar, MA sekaligus menjelaskan apa saja yang ada pada Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan. Acara bergulir dengan uraian singkat Ketua YPPIJ Prof Dr Ir Arissetyanto Nugroho, MM tentang maksud kunjungan guna menjajagi kemungkinan kerja sama antar dua Perguruan Tinggi ternama tersebut. Lebih lanjut disambung dengan keterangan Rektor Universitas Trilogi Prof. Dr Pramono Hari Adi MS dengan uraian tentang adanya 13 Program Studi yang ada pada Universitas Trilogi. Rektor menyambut baik niat kerja sma antar dua PT yang didirikan oleh Almarhum Bapak HM Soeharto dan Almarhumah Ibu Tien Soeharto tersebut.

Selanjutnya peserta Pertemuan Ketua Badan Penyelenggara STIKes MRHJ, Dr dr Andi Rifiana, M.Kes menguraikan Langkah-langkah penting yang dilakukan untuk promosi STIKes Mitra RIA Husada Jakarta serta keinginan mendirikan program studi Keperawatan melengkapi program studi yang telah ada Kesehatan Masyarakat yang berjalan lancar dengan adanya program K3 dengan minat yang cukup besar. Keterangannya ditambah pula Wakil Prodi Kesehatan Masyarakat yang Pimpinannya berhalangan hadir.

Melihat suasana kerja sama bergilir dengan kondusif dalam Pertemuan hari Kamis padi tadi, Ketua STIKes MRHJ yang memimpin Pertemuan mempersilahkan Ketua Pembina dua Perguruan Tinggi tersebut, Prof Dr Haryono Suyono, mengambil corong sebagai pembicara terakhir. Tanpa berkepanjangan Prof Dr Haryono Suyono sebagai Pembina YPPIJ untuk Universitas Trilogi dan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta mengambil kesimpulan bahwa gagasan kerja sama ini sudah konkrit dan disepakati kedua belah pihak.

Sesuai perkembangan dalam pertemuan perlu dibentuk dua tim Bersama sebagai berikut. Pertama, perlu segera dibentuk Tim Promosi Bersama antar dua Perguruan Tinggi untuk mendapatkan mahasiswa baru pada Semester mendatang. Tim ini segera bekerja berkantor di dua kampus dengan program yang dilaksanakan bersama oleh para Dosen dan Mahasiswa kedua PT tersebut. Sekaligus dibuka kampus baru untuk dua PT tersebut yaitu Kampus Trilogi di Cibubur dan Kampus STIKes MRHJ di Kalibata. Mahasiswa baru boleh memilih kampus yang paling dekat dengan tempat tinggalnya. Bahkan dibuka pula program baru untuk K3 yang sudah cukup banyak mahasiswa di STIKes MRHJ. Di Universitas Trilogi program K3 yang sempat ada dibuka kembali, sekaligus perlu dipertimbangkan program Studi S2 Ilmu Pemerintahan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri.

Kedua, perlu dibentuk Tim kedua guna merumuskan kemudahan membayar uang kuliah yang relatif ringan dibedakan untuk program tatap muka dan on line system agar cita-cita Almarhum Bapak dan Ibu Tien Soeharto guna menyebar luaskan Sarjana dan Tenaga Ahli ke seluruh tanah air dapat dipenuhi dalam waktu singkat.

Kedua Tim ini perlu dibentuk segera dengan arahan waktu mulai beroperasi selambat lambatnya awal Februari 2023 mendatang dengan dua kantor tempat bertemu di Universitas Trilogi dan STIKes MRHJ.

Haryono SuyonoComment