Tim Peneliti STIKes MRHJ Mendatangi MTs Al-Wahyu Jakarta

Tim Peneliti dari dosen dan mahasiswa Kesmas STIKes MRHJ saat berfoto bersama di depan MTs Al-Wahyu Jakarta

GEMARI.ID-JAKARTA. Dengan kondisi saat ini yang sangat tepat untuk remaja menggunakan tehnologi seperti Handphone, sehingga Aplikasi KESPUT cocok untuk para remaja putri yang bisa langsung di akses di HP mereka, sehingga harapannya adalah remaja putri mengetahui bagaimana deteksi secara dini, demikian dikatakan Kepala Bagian Marketing, Humas dan Kerjasama STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Daniah, S.SiT, MKM beberapa waktu lalu di Jakarta. Kamis (08/09/2022).

Terlihat para siswa sedang asyik mengisi kuesioner yang telah disiapkan tim peneliti

Menurutnya, kenapa dilakukan penelitian pada remaja  putri, karena seorang perempuan lebih beresiko dari pada laki-laki, untuk itu pengetahuan kesehatan reproduksi harus diberikan sedini mungkin kepada para perempuan, jadi sangat tepat penelitian ini diberikan, katanya.

Selanjutnya dirinya menjelaskan, kepanjangan KESPUT adalah Kesehatan Putri yang artinya aplikasi ini dibuat khusus untuk remaja putri untuk mempermudah remaja mengakses pengetahuan seputar kesehatan reproduksi wanita. Judul penelitian adalah Efektifitas Aplikasi Kesehatan Reproduksi Komprehensip Remaja Putri di Masa Pandemi Covid 19 dan pelaksanaannya dilakukan di MTs Al-Wahyu Jakarta Timur, jelasnya.

Setelah selesai acara para siswa MTs Al-Wahyu berkesempatan untuk berfoto bersama

Tujuan Penelitian adalah untuk memberikan pengetahuan terkait Kesehatan Reproduksi  pada Remaja Putri dengan Penggunaan Aplikasi berbasis web. Nama Aplikasi adalah KESPUT, sedangkan tim peneliti adalah dosen STIKes MRHJ diantaranya adalah Aan Hermawan, Daniah, Erny Elviany, sedangkan dari pihak mahasiswa diwakili oleh Iqlima P, Shinta dan Septi. Luaran yang dihasilkan yaitu Jurnal Nasional dan HAKI Aplikasi, imbuhnya.

Kepala Bagian Marketing, Humas dan Kerjasama, Daniah, S.SiT, MKM saat memberi keterangan kepada para siswa Mts Al-Wahyu Jakarta

Daniah menambahkan, manfaat penelitian bagi remaja diantaranya setelah mengakses Aplikasi KESPUT  remaja putri khususnya di MTs Al-Wahyu klas 7, 8 dan 9 dapat mengetahui dan memahami tentang kesehatan reproduksi wanita , terutama untuk deteksi dini kangker payudara, gizi seimbang, pernikahan dini dan lainnya. Artinya aplikasi yang dibuat sangat bermanfaat untuk remaja putri dari segi pengetahuan, pungkasnya. @Humas/MDP.

Mulyono PrawiroComment