Mahasiswa STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Terjun Ke Desa Bojong Kabupaten Bogor

Seusai acara pembukaan PBL dan PKK Komunitas, Kepala Desa Bojong berfoto bersama dengan pimpinan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta

GEMARI.ID-Bogor. Untuk tahun jaran 2021-2022, beberapa mahasiswa STIKes Mitra RIA Husada Jakarta melaksanakan kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) dan PKK Komunitas di Desa Bojong Kecamatan Kelapanunggal Kabupaten Bogor. Acara pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Dra Sri Danti Anwar, MA, Dewan Penyantun, dr Srihartati P Pandi, MPH, para Ketua Program Studi dan para jajaran dosen pembimbing. Senin (01/08/2022).

Menurut Veronika, Staf Bagian Marketing, Humas dan Kerjasama saat dihubungi awak media mengatakan, acara ini juga dihadiri oleh Ade Nurdiana, SKM, Kepala Desa Bojong dan isteri. Kepala Desa memberi kesempatan kepada isterinya Marni, SKM, sebagai Ketua Tim Penggerak PKK untuk memberikan kata sambutan pada acara pembukaan kegiatan PBL dan PKK Komunitas. Mereka menyambut kedatangan adik-adiknya para mahasiswa STIKes MRHJ yang melaksanakan kegiatan PBL dan PKK Komunitas di desanya dengan penuh semangat dan senang hati. Selanjutnya Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bojong atas nama Kepala Desa dan masyarakat menerima dengan senang hati para mahasiswa STIKES Mitra RIA Husada Jakarta yang praktek di desanya dan mereka berusaha bekerja sama yang baik, dan memberikan informasi kepada masyarakat sekitar, katanya.

Salah satu jalan alternatif menuju desa Bojong, Kecamatan Kelapanunggal, Kabupaten Bogor

Lebih lanjut ia mengatakan, Kepala Desa dan istrinya merupakan alumni STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, program studi Kesehatan Masyarakat. Menurutnya, kegiatan PBL dan PKK Kominitas ini diikuti oleh 8 mahasiswa tingkat II semester 4 dari jurusan S1 Kesehatan Masyarakat, 11 mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan Tingkat III Semester VI Angkatan II, dan 5 mahasiswa Profesi Bidan maka total mahasiswa yang mengikuti kegiatan berjumlah 24 mahasiswa T.A. 2021-2022, imbuhnya.

Ia menambahkan, kegiatan PBL dan PKK Komunitas ini dilaksanakan mulai tanggal 1 – 12 Agustus 2022, dengan rincian kegiatan mahasiswa selama di Desa Bojong, antara lain adalah pengenalan wilayah dan pelaksanaan survey mawas diri, tabulasi data dan persiapan MMD, Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), dan intervensi hasil MMD. Selanjutnya akan diadakan acara Penutupan PKL Komunitas dan penyerahan laporan PKL Komunitas kepada Kepala Desa Bojong dan Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapanunggal dan kemudian para mahasiswa kembali ke kampus tercinta STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, tambahnya.

Sementara itu, Ketua STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Dra Sri Danti Anwar, MA saat memberikan sambutan meminta kepada Kepala Desa Bojong dan jajarannya untuk menerima para mahasiswa dengan baik dan sekaligus menitipkan para mahasiswa STIKES Mitra RIA Husada Jakarta yang hari ini melaksanakan tugas Praktik Belajar Lapangan dan PKK Komunitas di desanya. @Humas/MDP

Mulyono PrawiroComment