Menengok Dinamika STIKes Mitra RIA Husada Jakarta

Dr Mulyono D Prawiro

Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan (YKBRP), sebuah yayasan yang didirikan di Jakarta pada tanggal 26 April 1978, memiliki semangat dan niat luhur, yang salah satunya adalah membantu menyediakan tenaga kesehatan yang handal dan mumpuni, khususnya dalam bidang kesehatan ibu, bayi dan anak Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita itu, YKBRP kemudian membentuk Sekolah Tinggi Kesehatan yang berguna untuk membantu pemerintah dalam upaya menyiapkan tenaga ahli di bidang kesehatan yang profesional, berkarakter serta berkompetensi tinggi dalam menangani masalah-masalah kebidanan dan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan cita-cita tersebut, pengurus YKBRP dengan semangat tinggi mendirikan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, yaitu sebuah sekolah tinggi ilmu kesehatan berlokasi di wilayah Cibubur, Jakarta Timur. Salah satu misi yang diemban dari perguruan tinggi kesehatan ini adalah menyiapkan tenaga kesehatan yang mumpuni dan profesional. Para alumninya diharapkan mampu menangani dan membantu masalah yang terkait dengan kebidanan dan kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing.

STIKes Mitra RIA Husada Jakarta memiliki misi dan misi yang luar biasa, sehingga boleh dikatakan sekolah tinggi kesehatan yang memiliki nilai jual yang mumpuni. Visinya antara lain menghasilkan lulusan yang unggul dalam manajemen dan pelayanan kebidanan komplementer yang berkesinambungan di tingkat nasional dan regional, disamping itu juga berintegritas dan berjiwa kewirausahaan. Sedangkan misinya antara lain menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan yang berbasis pada manajemen pelayanan kebidanan komplementer yang berkarakter dan mampu berfikir kritis, menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian dalam upaya memperkaya khasanah ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan manajemen pelayanan kebidanan komplementer yang berkarakter dan mampu berfikir kritis, menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat secara tepat guna dalam manajemen pelayanan  kebidanan komplementer yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan keluarga, dan mempertahankan, memanfaatkan dan meningkatkan intensitas kerjasama.

Dalam pengembangannya, STIKes Mitra RIA Husada Jakarta yang dipimpin oleh Dra Sri Danti Anwar, MA ini terus melakukan terobosan baru guna memperluas jaringan dengan mengandeng perguruan tinggi ternama di tanah air, termasuk di antaranya dengan Universitas Indonesia dan juga perguruan tinggi ternama di tingkat internasional seperti Cornell University di New York, Amerika Serikat dan perguruan tinggi lainnya di benua Asia dan Australia. Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan STIKes MRHJ memiliki bobot yang tinggi dan mampu mendorong para calon mahasiswa untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi yang memiliki reputasi tingkat nasional dan internasional.

Sebagai salah satu perguruan tinggi kesehatan di Indonesia, yang memiliki program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kebidanan, selama ini STIKes MRHJ telah banyak menggelar berbagai Webinar tingkat Internasional dengan menghadirkan narasumber dari perguruan tinggi di luar negeri, diantaranya dari Philippines, Malaysia dan Thailand. Mereka yang menjadi mitra dari STIKes MRHJ dan webinar yang digelar tersebut diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dan dibuka untuk umum, selain itu juga ada beberapa peserta asing yang ikut bergabung. Hal ini dilakukan agar masyarakat internasional tahu keberadaan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta dan untuk masyarakat Indonesia, khususnya para calon mahasiswa yang ingin memperdalam pengetahuan tentang ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu kebidanan bisa kuliah di kampus yang terletak di kawasan Cibubur, Jakarta Timur ini.

Selama ini dalam rangka persiapan kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri, STIKes MRHJ telah menyiapkan Perjanjian Kerja Sama dan Timeline, sehingga lebih mempermudah dari segi pelaksanaannya. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, telah disiapkan kerja sama dengan empat perguruan tinggi ternama tingkat internasional antara lain dengan University of The Philippines, Cornell University, University of Adelaide, dan Chulalongkorn University Thailand. Ini menunjukkan keseriusan para pimpinan STIKes Mitra RIA Husada Jakarta dalam mewujudkan cita-citanya agar kampus atau perguruan tinggi kesehatan ini benar-benar Go International.

Menurut Dr dr Andi Julia Rifiana, M.Kes salah satu dosen senior di Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Nasional Jakarta dan juga Ketua Badan Penyelenggara STIKes MRHJ, yang ditulis pada SURYAPOST.ID, bahwa mahasiswa baru yang mendaftar di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta tahun ini, mereka itu ada yang mendaftar ke Program Studi Kesehatan Masyarakat, ada juga Program Studi Terapan Kebidanan, memang mereka tertarik dan antusias untuk melanjutkan belajarnya di kampus ini, karena kampus ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan dosen yang sangat berpengalaman di bidang Kebidanan dan Kesehatan Masyarakat. Mereka tertarik serta minat mereka itu benar-benar minat dari hati mereka sendiri, bukan hanya sekedar mengikuti kemauan orang tua. Hal ini tentunya akan membawa cerita yang bagus buat kesuksesan mereka dalam belajar. Minat mereka untuk menyelesaikan perkuliahan dengan cepat dan tepat waktu memang luar biasa dan ini perlu diacungi jempol, dengan demikian tinggal kita memberikan apa yang sudah masuk di dalam ekspektasi mereka tentang kampus kita ini.

Dengan demikian banyak para calon mahasiswa itu tertarik untuk melanjutkan kuliah di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta bukan karena kampus abal-abal yang menjanjikan mudah lulus, tetapi perguruan tinggi kesehatan ini telah mampu dan terbukti menghasilkan tenaga-tenaga profesional serta relatif mudah mendapatkan pekerjaan seusai lulus kuliah. Meskipun tidak memberikan jaminan seratus persen, namun setidaknya banyak para alumni yang sukses dalam kariernya di tempat ia bekerja, baik itu di Rumah Sakit, Klinik maupun sebagai pegawai negeri di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Dalam upaya menjaring calon mahasiswa dan memperkenal STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Kepada bagian Marketing, Humas dan Kerjasama, Daniah, S.SiT, MKM beserta tim tidak bosan-bosannya untuk melakukan kunjungan silaturahmi ke beberapa daerah, terutama daerah yang masih relatif sedikit jumlah bidan dan tenaga kesehatannya, sehingga diharapkan mereka mau bergabung dan kuliah di STIKes MRHJ. Dari segi biaya perkuliahan, perguruan tinggi kesehatan ini tidak memungut biaya yang tinggi, namun demikian para orang tua maupun para calon mahasiswa diberi kemudahan dalam hal pembayaran biaya kuliah, sehingga mereka bisa tenang saat belajar dan tidak menjadi beban dan kuliahnya bisa berjalan sesuai harapannya. Penulis adalah Dosen Pascasarjana Univeritas Satyagama dan Sekretaris Badan Penyelenggara STIKes Mitra RIA Husada Jakarta.

Mulyono PrawiroComment