STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Siap Go International

Dra Ninin Nirawaty, MEd,PA, Wakil Ketua II Bidang Non Akademik STIKes Mitra RIA Husada Jakarta

GEMARI.ID-JAKARTA. Perguruan Tinggi Kesehatan yang terletak di kawasan Cibubur, Jakarta Timur dalam waktu dengan akan mengembangkan sayapnya dan menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi ternama di luar negeri, demikian dikatakan Wakil Ketua II Bidang Non Akademik STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Dra Ninin Nirawaty, MEd, PA saat dihubungi awak media dua hari lalu. Sabtu (17/04/2022).

Menurut Ninin, nama panggilan akrab dari Wakil Ketua II Bidang Non Akademik, bahwa beberapa tahun lalu STIKes MRHJ telah melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri, khususnya perguruan tinggi di kawasan Asean. Kerjasama ini telah menghasilkan beberapa hal yang menarik dan juga menguntungkan ke dua belah pihak. Kerja sama itu diwujudkan dalam bentuk antara lain dengan magang, tukar-menukar pengalaman dan kunjungan mahasiswa STIKes MRHJ ke perguruan tinggi di luar negeri atau sebaliknya, katanya.

Lebih lanjut jebolan dari Monash University Australia ini menjelaskan, karena STIKes MRHJ adalah salah satu perguruan tinggi kesehatan, maka kerja sama ini sebagai besar terkait dengan masalah kesehatan dan kebidanan, dan selama ini STIKes MRHJ telah banyak menggelar Webinar Internasional dengan menghadirkan narasumber dari perguruan tinggi di luar negeri, antara lain dari Philippines, Malaysia dan Thailand. Mereka  yang menjadi mitra dari STIKes MRHJ dan webinar yang digelar tersebut diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dan dibuka untuk umum, selain itu juga ada peserta asing yang ikut bergabung, imbuhnya.

STIKes MRHJ berharap bisa menjadi contoh perguruan tinggi serumpun di tanah air dan bisa menjadikan nilai tambah tersendiri bila telah menjalin hubungan dan kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Dalam rangka menjalin hubungan kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri, STIKes Mitra RIA Husada Jakarta berusaha menggandeng Bapak Harris Siagian, Executive Director at Indonesian Development Foundation, karena yang bersangkutan telah memiliki pengalaman yang luar biasa dalam rangka kerja sama ini, tegasnya.

Dalam rangka persiapan kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri, STIKes MRHJ telah menyiapkan PKS dan Timeline, sehingga lebih mempermudah dari segi pelaksanaannya. Dalam waktu dekat ini telah disiapkan kerja sama dengan empat perguruan tinggi ternama di dunia antara lain dengan University of The Philippines, terkait dengan kerja sama kelembagaan, dengan Cornell University, USA untuk pelatihan dan research serta publikasi, University of Adelaide, kerja sama dalam bidang international conference, magang dan lain-lain serta Chulalongkorn University Thailand juga kerja sama dalam bidang international conference dan magang, paparnya.

Ninin berharap kerja sama ini bisa mengangkat citra dari STIKes Mitra RIA Husada Jakarta di forum internasional, juga dipergunakan sebagai ajang promosi, agar nantinya para calon mahasiswa tidak ragu-ragu untuk memilih STIKes MRHJ sebagai tempat kuliah yang memiliki standard nilai yang sangat tinggi, karena sebagai perguruan tinggi kesehatan kami memiliki reputasi tingkat internasional, pungkasnya. @MDP.

Mulyono PrawiroComment