Tim STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Terjung Langsung Ke Lokasi Bencana Cianjur

Tim STIKes Mitra RIA Husada Jakarta saat menyerahkan bantuan diterima langsung oleh KH Deden, pimpinan Pondok Pesantren Al Mutmainah

GEMARI.ID.CIANJUR. Setiap ada bencana yang terjadi di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat, STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, salah satu perguruan tinggi kesehatan yang berada di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, selalu melakukan open donasi dan terjun langsung ke lokasi bencana. Hal ini dilakukan semata-mata untuk membentuk dan menanamkan kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademika, bagaimana harus berempati dan simpati kepada masyarakat, serta  kepedulian pada sesama, demikian dikatakan Kepala Bagian Kemahasiswaan STIKes MRHJ, Nina Tresnayanti, S.SiT., M.Kes saat berkunjung ke lokasi bencana Cianjur. Jum’at (25/11/2022).

Wakil Ketua I Imelda Diana Marsilia, SST, SKM, M.Keb dan Wakil Ketua II, Dra Ninin Nirawaty, MEd PA saat melepas tim STIKes MRHJ menuju lokasi bencana Cianjur

Menurut Nina Tresnayanti, dengan adanya gempa di Cianjur, yang menimbulkan dampak reruntuhan bangunan rumah dan korban jiwa, kami dari bagian Kemahasiswaan dan BEM STIKes MRHJ turut mengambil bagian dengan menggalang donasi peduli Cianjur selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 22-24 November 2022,  dengan open donasi ini,  membentuk dan menanamkan kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademika, bagaimana harus menumbuhkan rasa kepedulian, berempati masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam serta melakukan tindakan mitigasi kebencanaan secara cepat dan tepat, katanya.

Keberangkatan Tim dari STIKes Mitra RIA Husada Jakarta dilepas dari kampusnya oleh Wakil Ketua I Imelda Diana Marsilia, SST., SKM., M.Keb dan Wakil Ketua II Dra. Ninin Nirawaty, MEd. PA. Setibanya di lokasi bencana, di desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Cianjur, tim menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh Pimpinan Ponpes Al Mutmainah, KH Deden. Tempat ini dijadikan pusat Posko, karena  Pondok Pesantren ini mengalami kerusakan yang cukup parah, bahkan ada beberapa ruangan yang ambruk dan rata dengan tanah serta terdapat korban jiwa sebanyak 7 orang dalam bencana kemarin, jelas Nina.

Anak-anak terlihat ceria setelah tim STIKes MRHJ mengajak mereka bernyanyi bersama dengan tujuan meringankan rasa trauma yang diamalinya

Dirinya menambahkan, kedatangan tim STIKes MRHJ ke lokasi bencana saat hujan deras dan jalanan berlumpur tidak mengurangi kepedulian kami untuk terus berusaha sampai menuju Posko Bencana, guna memberikan bantuan donasi berupa Sembako, beras, minyak, telur, makanan bayi, biskuit, susu siap minum, terpal tenda, karpet alas tidur, lampu emergency, selimut, kayuputih, pakaian dalam wanita dan pria, pembalut dan pampers. Disamping bantuan yang diberikan di atas, kami juga melakukan Healing Trauma terhadap anak-anak dengan bernyanyi, sehingga anak-anak terlihat ceria dan dapat meringankan traumanya, tambahnya.

Tim STIKes MRHJ berfoto di depan bangunan yang rusak parah akibat gempa yang melanda wilayah Cianjur

Nina berharap, dikemudian hari kita bisa menggalang donasi kembali, yang tentunya lebih banyak lagi dibanding dengan donasi saat ini. Penggalangan donasi nantinya bertujuan untuk membantu proses pemulihan pembangunan Pondok Pesantren dan Masjid yang ada di lokasi bencana yang saat ini kondisinya luluh lantak, pungkasnya. @MDP.

Mulyono PrawiroComment