Pelatihan Pemasaran Obat Tradisional

Minggu lalu mas Drs Nugroho Slamet Bersama anggota Pemasaran yang berpengalaman, termasuk “pengalaman menjual” gagasan usaha pedagang kecil di Singapur mengadakan pelatihan pemasaran obat tradisional di Pacitan. Penataran yang diadakan untuk kedua kalinya itu mendapat perhatian yang melimpah dari ibu-ibu yang didatangkan dari Desa-desa di Pacitan. Mereka berkumpul di Pusat Pemberdayaan Keluarga Siti Padmirah di Pucang Sewu Pacitan.

Ibu Sulih melaporkan bahwa ada sebagian yang ikut pelatihan masa lalu ikut lagi karena mau mendalami seluk beluk yang lebih mendalam tentang praktik lapangan yang dalam kesempatan minggu lalu ditambahkan. Pelatihan baru itu meliputi “totok muka” menggunakan obat tradisional yang terasa lebih nyaman disbanding penggunaan obat kimia yang biasa ditawarkan sebbagai obat=obat kimia yang telah lama beredar. Kepercayaan ibu-ibu desa terhadap obat tradisional tetap tinggi dehingga para ibu yang dilatih sebelumnya sebagian telah berhasil mendapatkan pelanggan. Diperkirakan jumlah pelanggan bertambah tinggi sehingga pelatihan di masa depan akan lebih meluas memjangkau peserta dari desa yang lebih jauh. Pacitan bisa menjadi awal dari penggunaan obat tradisional untuk perawatan kesehatan dan kecantikan dengan menggunakan ramuan obat tradisional yang banyak dan makin melimpah penggemarnya.

Salah satu sebabnya adalah kemasan dan penyajian modern yang membuat ibu-ibu Desa merasa mendapat sentuhan modernisasi yang membuat dirinya makin percaya diri, cantik dan makin menawan suami dan keluargananya.     

Haryono SuyonoComment