Lewat Pengabdian Masyarakat Kolaborasi Tiga Perguruan Tinggi Terjun Ke Desa

Dosen STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Dr Nurhidayah, S.SiT, MKM saat memberikan materi terkait dengan Kesehatan Reproduksi

GEMARI.ID-KARAWANG. Kolaborasi tiga perguruan tinggi yang terdiri dari Universitas Indonesia, STIKes Mitra RIA Husada Jakarta dan Institusi Teknologi dan Kesehatan Jakarta meluncurkan kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar pada tanggal 3-4 Oktober 2022 di Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, demikian dikatakan Daniah, S.SiT, MKM, dosen STIKes Mitra RIA Husada Jakarta. Rabu (12/10/2022)

Menurut Daniah, kegiatan ini terdiri dari Program Perbaikan Gizi Lansia, Kesehatan Reproduksi Lansia dan Pengembangan Produktivitas Lansia. Program-program kegiatan tersebut melibatkan para warga Lansia, Kader, Ketua RW/RT, Dinas Kesehatan , Pemdes Sukaluyu serta Dosen dan Mahasiswa Kebidanan dan Kesehatan Masyarakat, katanya.

Perwakilan dari Desa Sukaluyu, Murtijo saat memberi sambutan di depan warga dan para mahasiswa

Sementara itu, Elis Jamila Ketua Kader Kecamatan Telukjambe dalam sambutanya menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik kegiatan program-program lansia, sedangkan Bapak Murtijo KASUBSI Telukjambe mengatakan dirinya mendukung acara kegiatan tersebut dan membantu menyediakan kebutuhan yang diperlukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung, tuturnya.

Dosen STIKes MRHJ ini menambahkan, Ketua Pengabdian kepada masyarakat Dr. Drs. Tris Eryando, MA menyampaikan tujuan kegiatan pengabmas ini bisa mengoptimalkan posyandu lansia karena usia harapan hidup makin Panjang, sehingga lansia harus produktif dan mandiri, jelasnya.

Setelah itu acara dibuka dengan memberikan Penyuluhan Kesehatan Gizi Lansia oleh Daniah, SSiT., MKM selaku Dosen Kesehatan Mayarakat di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta dalam pemaparanya agar warga lansia tetap bisa menikmati masa senja dengan cukup nutrisi gizi supaya tetap aktif, produktif dan inovatif. Selanjutnya para Lansia juga diberikan informasi kesehatan reproduksi oleh Dr. Nurhidayah.,SSiT.,MKM selaku dosen Kebidanan STikes Mitra RIA Husada untuk tetap merawat dan menjaga Kesehatan Reproduksi.

Dosen Universitas Indonesia, Dr Tris Eryando, MA memberikan motivasi kepada masyarakat desa Sukaluyu

Kegiatan keesok harinya yaitu dengan melakukan senam kebugaran bersama seluruh warga lansia dimana warga lansia semua warga sangat antusias diajarkan cara senam untuk menjaga tekanan darah dan fungsi jantung agar tetap stabil dengan aktif melakukan senam. Dimana senam tersebut di pandu oleh mahasiswa kesehatan masyarakat dan mahasiwa kebidanan  STIKes Mitra RIA Husada Jakarta serta Dosen Kolaborasi tiga perguruan tinggi.

Menurut Warendi.,SKM.,M.Kes dosen Institusi Teknologi dan Kesehatan Jakarta, Pengabdian Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat 2022 merupakan kegiatan yang baik bagi mahasiswa dan juga membantu persolan kesehatan negara Indonesia. Penutupan acara diisi dengan kegiatan mengumpulkan seluruh warga lansia desa Sukaluyu untuk membuat kerajinan tangan yang bermanfaat bisa menghasilkan suatu karya agar para lansia di usia senja tetap aktif dan inovatif ,sebagai salah satu sasaran tujuan kegiatan dari Pengabdian Masyarakat ini.

Setelah usai acara mereka berkesempatan untuk berfoto bersama

Lebih dari itu, Universitas Indonesia sebagai Lembaga Pendidikan termuka dimana diwakili oleh Dr Tris Eryando, MA menyampaikan bahwa dengan menggandeng warga desa Sukaluyu melalui kolaborasi tiga Perguruan Tinggi dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat , masalah yang ada khususnya Kesehatan Gizi Lansia di lingkungan RW 12 Desa Sukaluyu Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang bermanfaat dan dapat membantu program pemerintah khususnya dalam bidang Kesehatan, imbuhnya. @MDP.

Mulyono PrawiroComment