STIKes Mitra RIA Husada Gelar Pelatihan Pemanfaatan Kinemaster dan Camtasia Studio Untuk Pembelajaran

pelatihan.jpg

(Gemari.id) Jakarta - STIKes Mitra RIA Husada Jakarta bekerjasama dengan  Dunia Akademisi menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Pemanfaatan Kinemaster & Camtasia Studio Untuk Pembelajaran online (daring). Pelaksanaan kelas pelatihan online dilakukan selama 4 hari mulai tanggal 09 – 12 Agustus 2021 setiap pukul 19.30 - 21.30 WIB. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui aplikasi What'sapp dengan ditunjang paltform lain seperti Youtube dan Google Classroom.

 

Ketua pelaksana Diah Warastuti, SSiT, MKes, mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini agar para peserta  mampu mengaplikasikan ilmunya secara baik dan benar dalam pembelajaran serta mampu mengembangkannya di bidang kesehatan. Keterampilan membuat video pembelajaran ditengah situasi pandemi COVID-19 sangat diperlukan bagi dosen agar pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif.

 

STIKes Mitra RIA Husada terdiri dari 3 prodi yaitu prodi DIV kebidanan, Profesi kebidanan dan Prodi S1 Kesehatan masyarakat. Dalam pembelajarannya pada tiap prodi memiliki matakuliah yang menggunakan teori dan praktik. Dengan adanya pelatihan ini sangat bermanfaaat bagi dosen , dimana   outputnya   adalah para dosen membuat Video sesuai dengan bidangnya. Video yang dibuat akan memudahkan penyampain materi , terutama pada mata kuliah yang berkaitan dengan keterampilan  dan praktik.

 

  

Kegiatan ini bekerjasama dengan lembaga independen Dunia Akademisi (DA) yang mempunyai visi Menjadi Tempat Belajar dan Berbagi Bersama Seputar Dunia Pendidikan di Indonesia.   Para peserta merupakan dosen dan karyawan STIKes Mitra RIA Husada sebanyak 150 orang dan peserta umum dari berbagai wilayah Indonesia  sebanyak 397 orang. Materi pelatihan secara teorii disampaiakan melalui video dan whatsap. Hari pertama peserta diberikan materi mengenai   fitur-fitur yang ada di aplikasi Kinemaster dan membuat video. Hari kedua  materi mengenai  aplikasi catamsia. Metode pelatihan dilakukan dengan praktik terbimbing dan mandiri.  

 

Pelatihan ini mendapat apresiasi dari peserta, hingga akhir peserta konsisten hadir dan mengikuti arahan dan tugas yang dberikan para tutor. Mereka menyatakan program ini sangat menarik danmudah unutk diikuti serta diaplikasikan. Diakhir, semua peserta mendapat sertifikat kegiatan . Semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan bermanfaat untuk dosen dan guru. REL/ADS

Ade SudrajatComment