Kena Stroke Segera Rawat ke Rumah Sakit

Bila ada orang atau anggota keluarga terkena serangan stroke maka segra rawat ke Rumah Sakit, namun pasien stroke yang di rawat di  Rumah Sakit  kebanyakan pasin yang akut, namun yang perlu diketahui bahwa pasien stroke bukan hanya di rawat di  Rumah Sakit tetapi juga perlu perawatan perawatan klanjutan di rumah, nah ini yang membuat keluarga pasien bingung bagaimana nanti merawat keluarganya yang kena stroke ketika sudah dirumah, yang sering terjadi ketika dirawat di Rumah Sakit penyakit yang  lain tidak terdeteksi, namun ketika sudah di rumah muncul penyakit  gangguan kognitif. Pasien stroke dengan gangguan kognitif dapat menyebabkan stress yang tinggi pada pasien stroke.

Perawatan pasien stroke di rumah, antara lain lantai rumah dijauhi dari karpet yang bisa membuat pasien tersandung dan jatuh dan tempat tidur pasien jangan terlalu tinggi.

Pasien stroke sering merasakan ada bagian tubuh yang tidak nyaman, penanggulangannya menggunakan cara kognitif imajinatif, caranya pikirkan aktivitas normal bagian tubuh sehingga bagian otak yang sehat mengirim sinyal ke otak yang sakit maka ini akan mengaktifkan bagian otak yang sakit, maka ini akan dapat memulihkan kesehatan pasien stroke, demikian dikatakan oleh Dr. Adre Mayza,SpS (K) pada zoom meeting life style aound stroke yang diadakan Yastroki pada 29 April 2021.

Pasien stroke dianjurkan untuk mengkonsumsi daging putih seperti ikan dan daging ayam, kacang-kacangan, saur-sayuran dan susu rendah lemak, makanan ini dapat menjadi asupan makanan bergizi yang baik bua pasien stroke.

Ada pasien stroke yang bertanya kenapa saya sering muncul memar –memar biru di kulit, dijawab oleh Dr. Adre bahwa hal itu disebabkan karena pasien sering mengkonsumsi obat pengencer darah, untuk menghilangkan memar biru disarankan agar obat pengencer darahnya di stop sementara atau dikurangi dosisnya setelah itu konsultasikan pada dokter yang memberi resep obat.

Kenali tanda-tanda serangan stroke dengan langkah-langkah FAST :

 Face = Muka melorot dan tidak simetris

Arm = lengan tegang dan kaku

Speech = bicara pelo/cadel dan tidak jelas bicaranya

Time = secepat mungkin hubungi rumah sakit terdekat yang ada dokter saraf

 Peserta yang mengiikuti zoom meeting Yastroki terdiri dari Yayasan Stroke Indonesia cabang daerah seperti DKI Jakarta, Yogyakarta, Pekalongan, Solo, Cirebon dan Insan Pasca Stroke atau strokers dari berbagai daerah yang ada klub stroke nya.

 Penulis : Budi Yastroki

Dr. Adre Mayza,SpS (K), Sekjen Yastroki sedang Zoom Meeting dengan Yastroki Cabang Daerah dan Club Stroke se Jabodetabek

Dr. Adre Mayza,SpS (K), Sekjen Yastroki sedang Zoom Meeting dengan Yastroki Cabang Daerah dan Club Stroke se Jabodetabek