Pacitan Lakukan Suntik Vaksin di Kompleks Panti Wreda

pacitanva1.jpeg

Gerakan Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan seperti Gerakan KB dimana-mana tempat untuk pemeriksaan bagi yang mau ikut KB atau pemasangan spiral oleh Bidan atau Dokter. Petugas pemeriksa kesehatan yang mau ikut Vaksin tetap dilakukan oleh Dokter dan petugas kesehatan yang berwenang, sehingga akurasi syarat-syarat kesehatan tetap dipenuhi dengan baik sesuai standar kesehatan yang ada. Dalam gerakan yang membedakan adalah tempat dilakukan Vaksinasi.

pacitanva2.jpeg

Ada yang di Pusat Pelatihan Kesehatan seperti di Jakarta, Ada di Kampus seperti di Yogya, Padang dan Solo, ada pula di Pusat Panti Wreda di Pacitan. Ki Rimo dari Pacitan mengabarkan bahwa beliau mendapat Vaksinasi pertama di Panti Wreda, asrama Panti Jompo,  di dekat Makam Pahlawan, Pacitan. Fasilitas Panti Jompo itu disulap menjadi tempat yang nyaman untuk melakukan suntik Vaksin bagi lansia dan penduduk biasa.

Dengan antri secara teratur penduduk lansia dan lainnya datang ke tempat vaksinasi berjejer secara teratur dan didaftar serta dilakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Apabila lolos dari pemeriksaan kesehatan maka yang bersangkutan diantar kepada petugas Vaksinasi yang menunggu dengan sabar. Dalam waktu singkat vaksinasi selesai. Maka penduduk yang sudah di vaksin itu dipersilahkan menunggu untuk melihat kemungkinan adanya kontra indikasi sebelum diperbolehkan pulang.

pacitanva3.jpeg

Kepada yang di Vaksin tetap dianjurkan agar mempergunakan Masker dan memegang teguh syarat-syarat kesehatan yang ada karena satu kali atau dua kali suntikan belum tentu langsung menghasilkan “daya tahan” tubuh yang memadai. Proses tumbuhnya daya tahan itu sangat lamban sehingga penduduk tetap harus memenuhi protokol kesehatan.

Begitu pula kalau satu bulan lagi mendapatkan suntikan kedua, tumbuhnya daya tahan itu juga masih sangat lamban sehingga tetap diharuskan mematuhi protokol kesehatan. Marilah kita bersabar dan tetap waspada karena serangan pandemi sungguh sangat berbahaya.

Secara umum Vaksinasi itu berjalan lancar dengan disiplin yang tinggi. Semoga semua penduduk mendapat pelayanan yang terbaik, biarpun jauh nun disana di Pacitan tetapi penduduk Pacitan bisa bebas dari Covid-19. Insya Allah.

Haryono SuyonoComment