Kebun Astuty di Loji Panen Jagung dan Sayur Mayur

LOJI MAY 25-2.jpeg

Menjelang peresmian Kebun Astuty di Cinangka, salah satu cabang Kebun Sayur di Loji alhamdulillah hari ini panen lagi. Tidak seperti bulan lalu, yang jagungnya mulai berbuah tersapu angin ribut dan gagal panen, hari ini tidak ada angin ribut sehingga Mas Rudi Lubis dengan kawan-kawan di Loji panen jagung dengan hasil yang menggembirakan. Tim “petani kota” dari Kebun Astuty di Loji berhasil menghasilkan sekitar 200 kilogram jagung manis. Di samping jagung manis yang sama sekali tidak mendapat halangan dalam tumbuh kembang selama tiga bulan terakhir, Mas Rudi dan kawan-kawannya di Loji juga menanam bermacam sayur mayur untuk konsumsi langsung. Seperti jagung yang ditanam, sayur mayur ini semua ditanam dengan sistem Organik. Lahan yang digunakan diolah terlebih dulu untuk membebaskan sisa-sisa dari sistem tanaman dengan pupuk kimia. Ditunggu sampai betul-betul bebas pupuk kimia. Setelah itu tanah disiapkan dengan pupuk Organik dari sampah dan olahan lokal tanpa bahan kimia.

LOJI252.jpeg

Tidak kurang dari empat belas jenis sayur-sayuran hari ini di panen di Kebun Loji. Seperti biasa sejak di panen telah diperkirakan jenis sayur yang akan dipanen sehingga mulai disebar luaskan oleh Mbak Ria dan dr Rina di Jakarta. Setelah siang diketahui volume hasil panen sehingga mulai dapat diatur jumlah yang bisa dipesan oleh rekan-rekan pelanggan yang makin bertambah bayak karena mengetahui kualitas sayur atau jagung yang diterima. Menjelang makan siang sudah dipastikan bahwa jagung yang dipanen mencapai jumlah sekitar 200 kilogram sehingga secara pasti mbak Ria dan mbak Rina bisa memenuhi pesan siapa yang kebagian jagung. Setelah itu dipastikan juga volume sayur-mayur yang dipanen. Biarpun jumlah sayur mayur tidak sebanyak jagung, tetapi ada pelanggan fanatik yang menginginkan sayur segar yang dihasilkan Kebun tanpa bahan kimia seperti halnya di Jepang maupun yang makin banyak di konsumsi di negara maju lainnya.

LOJI253.jpeg

Kebun Astuty di Cinangka maupun Kebun di Loji menggunakan sistem tanam di lahan biasa. Bukan suatu sistem tanam dengan menggunakan Kebun sayur dalam Rak Indoor, atau Kebun Sayur Bumbu Dapur atau Kebun Sayur Mini yang terbatas. Sayur yang ditanam menggunakan lahan olahan terbuka dengan sistem olahan dan pupuk Organik yang bebas dari pupuk kimia sehingga dijamin bahwa sayur maupun jagung yang dipanen bebas dari residu kimia. Semoga, biarpun dalam jumlah relatif sedikit memuaskan para pelanggan dan kegiatan ini diikuti petani lainnya.

kebunl.jpeg
Haryono SuyonoComment