Kebun Astuty di Cinangka siap Terima Sumbangan Pohon Langka

kebun112.jpg

Baru-baru ini melalui Ibu Ria Indrastuty, anak pertama Almarhum Ibu Astuty dan Pak Haryono Suyono telah diterima sumbangan 200 bibit pohon, termasuk pohon langka, guna memperlengkap koleksi pohon pada Kebun Astuty di Cinangka. Kepada para peminat yang ingin menyumbang, dengan ucapan terima kasih, masih diterima untuk anak cucu kita di kelak kemudian hari

Setelah renovasi lingkungan yang hampir lengkap, pada tanggal 29 Mei 2021, bertepatan “Hari Lanjut Usia Nasional” keluarga Haryono Suyono mengajak Bapak Ibu sekalian meninjau “Kebun Bergizi” di Cinangka melalui sistem Zoom. Kebun ini adalah peninggalan almarhumah Ibu Astuty Haryono yang beliau beli dari satu meter persegi ke seluas sekarang.

astu3.jpg

Semasa hayatnya, ibu setiap bulan selalu menambah satu atau dua pohon langka yang dimaksud agar kebun beliau itu penuh pohon langka yang tidak atau belum dikenal anak cucu kita. Setelah beliau meninggalkan kita, kebun ini dipelihara dengan penuh kasih sayang oleh anak-anak dan cucu beliau dan dikembangkan dengan selera masa kini tanpa meninggalkan pesan almarhumah.

Menjelang acara Webinar dalam rangka Hari Lansia Nasional tanggal 29 Mei nanti, Ibu Ria telah menerima sumbangan secara bertahap lebih dari 200 bibit pohon, termasuk beberapa bibit pohon langka. Dengan tekun Tim Kebun yang dipimpin Drs. Fajar Wiryono, Drs. Rudi Lubis dan Mas Suleman dengan seluruh staf “tukang Kebun” telah langsung menanam pohon-pohon tersebut di kebun dalam area yang terserak diantara area untuk Camping yang teduh dan asri si kemudian hari. Di samping itu ada area untuk menanam sayur dan buah yang bisa menjadi jaminan untuk biaya pemeliharaan kebun bagi anak-anak SD, SMP, SMA dan Pramuka yang akan berkemah dan mempelajari berbagai Kebun sebagai pelengkap pelajaran yang di dapat di kelas masing-masing.

hlm5.jpg

Kesempatan ini sangat baik karena menghemat biaya tidak perlu pergi Ke Kebun Raya di Bogor, cukup di Cinangka tidak jauh dari Lapangan Terbang Pertamina di Cinangka.

Pada Hari Lansia Nasional tanggal 29 Mei 2021 tersebut kami undang Bapak Ibu sekalian bisa mengikuti dilalog melalui acara Webinar live dari Kebun di Cinangka. Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin dosen senior IPB di Bogor dan Dr. Inanpi Hidayati Sumiasih Dekan Bioindustri Universtas Trilogi akan bertindak sebagai pengantar untuk memberi penjelasan bagaimana menikmati Kebun yang berisi aneka tanaman. Pada  acara itu diharapkan juga kehadiran ibu Dr Retno Sri Hartati Mulyandari Sekretaris Dirjen Hortikultura yang perhatiannya pada tanaman sayur dan buah sangat tinggi.

ku11.jpg

Acara yang disumbang Maestro Handoko yang sangat terkenal tersebut, dibantu di lapangan oleh Crew Mas Fajar Wiryono dengan menghadirkan Acara “Haryono Show” seri kesembilan menampilkan moderator Pak Haryono Suyono dibantu Dr. Mulyono D Saputro langsung dari Kebun di Cinangka. Acara akan dimulai dengan sajian oleh Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin dosen senior IPB di Bogor yang sangat memahami kebun sayur dan tanaman yang sangat kaya gizi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan manusia.

kebunl.jpeg

Sambil meninjau kebun, kita buka komentar dan pertanyaan dari para peserta yang mengikuti acara secara on line melalui saluran yang dikelola oleh Mas Handoko Wignyosastro dan Mas Fajar Wiryono dibelakang kumputer kontrol di Markas Maestro dan di Warung Kopi Nenek. Prof Dr. Haryono Suyono serta Dr. Mulyono D Prawiro akan melakukan tugas mengatur lalu lintas pembicaraan seperti delapan serie Haryono Show yang sukses sebelumnya. Marilah kita rayakan Hari Lansia Nasional dengan persatuan dan kesatuan untuk anak cucu kita dan dinamika pendidikan dengan Sekolah dan Kuliah Merdeka di alam bebas yang sangat menantang dan segera memerlukan penyelesaian. Aamiin YRA.

Haryono SuyonoComment