Lansia Berkebun Meningkatkan Gizi Keluarga

hln1.jpg

Satu minggu lagi, tepatnya tanggal 29 Mei 2021, bertepatan dengan “Hari Lanjut Usia Nasional” kita mengajak Bapak Ibu sekalian untuk meninjau “Kebun Bergizi” di Cinangka. Kebun ini adalah peninggalan almarhumah Ibu Astuty Haryono yang beliau beli dari satu meter persegi ke seluas sekarang. Semasa hayatnya ibu setiap bulan selalu menambah satu atau dua pohon langka yang dimaksud agar kebun beliau itu penuh pohon langka yang tidak atau belum dikenal anak cucunya. Setelah beliau meninggalkan kita, kebun ini dipelihara dengan penuh kasih sayang dan dikembangkan oleh anak-anak muda dengan selera masa kini tanpa meninggalkan pesan almarhumah.

hln2.jpg

Koleksi pohon langka itu telah menjadi kenyataan yang disaksikan beliau semasa masih hidup karena Kebun Astuty menjadi pusat kemah bagi anak-anak SD, SMP dan Pramuka yang menggelar acara “Tebak Tepat Nama Pohon Langka” yang menarik. Sebagai hiburan ibu kadang menyediakan hadiah bagi anak yang paling banyak menebak tepat nama pohon langka, suatu hiburan yang memberi bukti bahwa perkiraan beliau banyak anak tidak kenal pohon langka yang ternyata benar sekali. Ibu dengan penuh kebanggaan selalu tersenyum apabila seorang anak secara tepat menebak seluruh nama pohon langka yang diperlombakan.

sayul4.jpg

Sebagai generasi penerus hampir setiap minggu, Drs. Fajar Wiryono, Drs. Rudi Lubis bersama Mas Suleman dengan seluruh staf “tukang Kebunnya” secara sabar menambah variasi tanaman yang ada di Kebun. Dari Kebun Langka bertambah dengan tanaman sayur dan buah yang enak dimakan dan memiliki nilai gizi tinggi sehingga kebun bertambah marak serta makin bisa menyuburkan diri sendiri tanpa memberi beban kepada anak cucu yang memelihara kebun tersebut. Tanam-tanaman baru itu ditanam dan diberi pupuk dengan pupuk dan sistem tanam Organik sehingga Kebun Astuty menjadi lahan didik untuk anak muda yang ingin memahami cocok tanam modern dengan menggunakan pupuk Organik sehingga konsumennya bebas makan sayur tanpa mengandung residu bahan kimia dari pupuk tersebut.

hln3.jpg

Pada Hari Lansia Nasional tanggal 29 Mei 2021 tersebut melalui acara Webinar live dari Kebun di Cinangka digelar perkenalan kebun. Pada acara ini kita undang Bapak Dirjen Hortikulral Kementerian Pertanian Bapak Dr. Prihasto Setyanto yang menaruh perhatian yang sangat tinggi pada Kebun Buah serta Sekretaris Dirjen ibu Dr Retno Sri Hartati Mulyandari yang perhatiannya juga sangat tinggi.

Acara yang disumbang Maestro Handoko yang sangat terkenal tersebut, dibantu di lapangan oleh Crew Mas Fajar Wiryono dengan menghadirkan Acara “Haryono Show” seri kesembilan menampilkan moderator Pak Haryono Suyono dibantu Dr. Mulyono D Prawiro langsung dari Kebun di Cinangka. Acara akan dimulai dengan sajian oleh Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin dosen senior dari IPB di Bogor yang sangat memahami kebun sayur dan tanaman yang sangat kaya gizi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan manusia.

sayurl2.jpg

Acara ini dilanjutkan dengan peninjauan lapangan yang dipimpin oleh Ibu Dr. Inanpi Hidayati Sumiasih Dekan Bioindustri Universtas Trilogi, yang sekaligus memiliki Kebun Wisata di Tuban dengan diiringi tamu-tamu dari berbagai kalangan. Dalam peninjauan yang diantar Drs Rudi Lubis dan Mas Sule itu akan ditunjukkan variasi Kebun yang sudah tertata serta rencana masa depannya. Dr. Inanpi diharapkan memberi petunjuk langsung agar penataan Kebun bisa memenuhi selera anak muda dan para penduduk usia lanjut yang bisa langsung meninjau kebun dengan tetap menggunakan kursi roda. Fasilitas untuk lansia itu adalah keinginan almarhumah yang pada saat-saat akhir Ibu Astuty meninjau kebun, terpaksa duduk di kursi roda karena makin sukar untuk berjalan secara bebas.

kebunl.jpeg

Sambil meninjau kebun, kita buka komentar dan pertanyaan dari para peserta yang mengikuti acara secara on line melalui saluran yang dikelola oleh Mas Handoko Wignyosastro dan Mas Fajar Wiryono dibelakang kumputer kontrol di Markas Maestro dan di Warung Kopi Nenek. Prof Dr. Haryono Suyono serta Dr. Mulyono D Prawiro akan melakukan tugas mengatur lalu lintas pembicaraan seperti delapan serie Haryono Show yang sukses sebelumnya. Marilah kita rayakan Hari Lansia Nasional dengan persatuan dan kesatuan untuk anak cucu kita dan dinamika pendidikan dengan Sekolah dan Kuliah Merdeka di alam bebas yang sangat menantang dan segera memerlukan penyelesaian. Aamiin.

Haryono SuyonoComment