Guru-guru SD dan SMP Meninjau Kebun Astuty di Cinangka

kebunc2.jpeg

sekitar sepuluh orang guru SD dan SMP Al Izhar Pondok Labu meninjau Kebun Bergizi Astuty Haryono di Cinangka. Para tamu diterima oleh Ibu Ria Indrastuty,  Mas Fajar, Mas Rudi dan dr. Rina antara lain terdiri dari Pak Anwar, Pak Jani, Ibu Anti, Ibu Rosita, Ibu Arina, Ibu Juli, Ibu Ina, Ibu Ninik, Ibu Indah, Ibu Debby yang secara kebetulan bersama pak Haryono Suyono sedang mempersiapkan “gladi resik” untuk Acara “Haryono Show” pada tanggal 29 Mei 2021. Acara Haryono Show kali ini memperingati “hari Lansia tahun 2021” dengan menganjurkan kepada para penduduk lansia yang tinggal di rumah untuk tetap aktif memimpin anggota keluarganya berkebun.

aliz1.jpeg

Aneka tanaman pada “Kebun Astuty” Cinangka sangat menarik, terdiri dari puluhan aneka tanaman langka yang jarang terdapat di Kebun biasa. Tanaman langka itu dipelihara dengan baik sehingga anak-anak muda SD, SMP dan SMA, bahkan mahasiswa yang mempelajari botani bisa melihat langsung tanaman yang tidak banyak lagi terdapat di Kebun biasa. Sebelum masa pandemi, Kebun Astuty menjadi tujuan bagi anak-anak SD dan SMP diantar guru-gurunya mengadakan tour dan camping  sambil bermain “tebak tepat nama tanaman langka” yang dijumpai di Kebun. Acara itu sangat menarik karena sebagian besar murid tidak bisa mengenal nama tanaman yang dilihatnya.

kebung3.jpeg

Hari ini para guru diajak berkeliling oleh mas Fajar, Mas Suleman dan mas Rudi yang biasa mengelola kebun sampai tuntas. Kebun yang biasanya pengunjung agak malas keliling sampai tuntas karena berbukit dan jalannya kotor, dewasa ini sudah diatur kembali sehingga tidak saja anak muda tetapi penduduk lansia bisa berkeliling kebun dengan santai. Lansia bisa keliling memakai kursi roda karena dikelilingi jalan yang ditata rapi sehingga seorang pengunjung bisa melihat tidak saja tanaman langka tetapi juga bermacam kebun yang menghasilkan sayur, ikan, kelinci dan kambing. Suatu kebun multi produksi yang kotorannya bisa menjadi bahan untuk membuat pupuk organik.

hlm8.jpg

Bapak dan Ibu Guru setelah menyaksikan persiapan acara Webinar Acara Haryono Show untuk Hari Lansia Nasional tanggal 29 Mei 2021, langsung melakukan tour keliling Kebun dipandu Mas Sule yang sangat paham pada seluk beluk kebun. Rasa puas menyelimuti para guru tersebut sehingga kelihatan lahap menyantap makan siang yang disajikan Warung Kopi Ibu Astuty. Kita berharap bahwa murid-murid mereka akan diajak tour mengenal tanaman langka dan bertani di Kebun yang penuh fasilitas pendidikan bertani tersebut. Kita harapkan para guru melaksanakan “kutikulum pagi” mengajak para muridnya, di rumah masing-masing, menggarap lahan di sekitar rumahnya menjadi Kebun Bergizi. Melalui Kebun Bergizi dengan tanaman dan sayur bisa menambah nilai gizi keluarga sehingga anak-anak tumbuh subur dengan gzi yang baik, bertambah cerdas dan sehat. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir  sehimngga anak-anak beljar bersama alam yang kaya raya. Aamin YRA.

 

Haryono SuyonoComment