Dalam Rangka Dies Natalis Ke-18 STIKes Mitra RIA Husada Menggelar Webinar Internasional

Ketua STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, Dra Sri Danti Anwar, MA saat membuka Webinar Internasional

GEMARI.ID-JAKARTA. Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke -18, STIKes Mitra RIA Husada Jakarta menggelar Webinar Internasional secara online dengan menghadirkan pembicara dari luar negeri, diantaranya Dr  Fay De Ocampo dari Philippines, Dr ATM Onnicha Tachaviriya dari Thailand dan pembicara dalam negeri, Dr Melyana NW, S.SiT, M.Kes dari Politekkes Semarang dan dr Irma Ardiana, MARS dari BKKBN Pusat. Turut hadir memberikan sambutan Ketua Umum Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan, Efin Soehada, SE, MSi. Webinar Internasional ini mengambil thema : Empowering the Community in Stunting Prevention Through Increased Interprofessional Collaboration. Sabtu (18/12/2021).

Menurut Dra Sri Danti Anwar, MA, Ketua STIKes Mitra RIA Husada saat dihubungi awak media, menjelaskan, tujuan diadakan Webinar Internasional ini adalah untuk tukar menukar informasi dan best practice tentang penanganan stunting  di tiga Negara, yaitu Indonesia, Philippines dan Thailand. Disamping itu juga mendiskusikan keterkaitan stunting secara lintas sektor dan disiplin ilmu serta meningkatkan pemahaman peserta tentang issue stunting dan  yang paling penting adalah meningkatkan kerjasama dan jaringan dengan pemangku kepentingan terkait dengan isu kesehatan dan stunting, jelasnya.

Lebih lanjut Danti menjelaskan, thema diambil mengingat kunci keberhasilan pembangunan adalah kualitas sumberdaya manusia di tingkat Nasional dan Asean. Di Asean salah satu penyebab rendahnya kualitas sumberdaya manusia disebabkan karena stunting. Untuk penanganan stunting selama ini pendekatan utama melalui sektor kesehatan, belum banyak yang mengaitkannya dengan kerjasama atau pendekatan lintas dan inter profesi, untuk itulah thema webinar diambil, katanya.

Terlihat moderator dr H Engkos Kusdinar Achmad, MPH dan beberapa peserta Webinar Internasional

Mantan Sekrataris Jenderal Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini mengharapkan, tentu setelah mengikuti webinar ini akan menambah pengetahuan dan pemahaman peserta tentang stunting dan masing-masing negara dapat mengadopsi strategi dan best practice yang sesuai untuk penanganan stunting di negara masing-masing.  Untuk civitas akademika STIKes Mitra RIA Husada Jakarta dapat mengintegrasikan informasi dalam tri dharma perguruan tinggi, harapnya.

Sementara itu Danti menghibau kepada masyarakarat agar masyakarat bersama-sama dapat bekerjasama untuk penurunan angka stunting di Indonesia dan dapat ikut mencegah stunting yang dimulai dari pemahaman tentang stunting, penguatan gizi dan nutrisi keluarga serta rutin membawa anak usia di bawah 5 tahun ke pusat-pusat pelayanan kesehatan ibu dan anak, pungkasnya (MDP)

Mulyono PrawiroComment