Dosen STIKes Mitra RIA Husada Mengembangkan Aplikasi Webside Pembelajaran Praktek Klinik Kebidanan

Daniah, S.SiT, MKM, Kepala Bagian Humas, Promosi dan Kerjasama STIKes Mitra RIA Husada Jakarta saat berada di Ruang Kerjanya

GEMARI.ID-JAKARTA. Setiap Dosen wajib melakukan Tridharma perguruan Tinggi, salah satunya dosen wajib melakukan penelitian. Dimasa Pandemi Covid 19 dosen harus tetap produktif, kreaktif dan inovasi. Demikian disampaikan Daniah, S.SiT, MKM, Kepala Bagian Humas, Marketing dan Kerjasama STIKes Mitra RIA Husada saat ditemui awak media di ruang kerjanya di Kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Rabu (15/12/2021) 

Lebih lanjut Daniah mengatakan, Pandemi COVID-19 menyebabkan dampak yang luas terhadap berbagai sektor, terutama pendidikan.  Negara di seluruh dunia menerapkan  kebijakan untuk mencegah penularan dengan membatasi pertemuan tatap muka di sekolah maupun universitas dengan pembelajaran e-learning. Bagi mahasiswa kesehatan seperti kebidanan STIKes Mita RIA Husada Jakarta yang menerapkan pembelajaran praktek perlu terobosan agar evaluasi keterampilan berjalan optimal, lanjutnya.   

Lebih dari itu ia menjelaskan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi berbasis website untuk pembelajaran praktek klinik mahasiswa bidan di masa pandemi Covid-19. Saat ini ada beberapa Dosen STIKes Mitra RIA Husada diantaranya Yulia Herawati, Daniah dan Nuraini yang mendapatkan hibah Dikti di pendanaan tahun 2021, penelitian diambil tentang pembuatan aplikasi penilaian praktek klinik kebidanan, untuk menilai atau mengevalusi mahasiswa dengan menggunakan aplikasi yang peneliti buat, katanya.

Kepala Bagian Humas, Promosi dan Kerjasama juga mengatakan, bahwa Aplikasi yang dibuat diberi nama SINIBID (Sistem Penilaian Bidan) yang bisa digunakan oleh semua dosen untuk menilai mahasiswanya ketika praktek dan saat ini Aplikasi SINIBID tersebut sedang proses pengajuan hak cipta, pungkasnya. (MPD-Daniah)

Mulyono PrawiroComment