Adi Wibowo dari Gadjah Mada selenggarakan Webinar BELA NEGARA

bela1.jpg

Mulai hari ini, Senin tanggal 4 sampai Selasa tanggal 5 Januari 2021 Aktifis Pembangunan Desa Dr. Adi Wibowo dari Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, bersama Joko Sampurna seorang ahli era 5.0 serta Dr dr Daeng M. Faqih, Ketua Umum IDI, menyelenggarakan  Acara Pertemuan berupa kombinasi temu fisik dan Daring dengan tema Bela Negara. Dalam Pertemuan tersebut diperkenalkan suatu alat yang dianggap bisa menyematkan umat manusia dari serangan Virus Covid-19 kepada publik yang diharapkan dapat disebar luaskan oleh UMKM di seluruh Indonesia.

bela2.jpg

Pertemuan pagi tadi dibuka dengan upacara menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya disusul Pidato Pembukaan oleh Bapak Joko Sampurna yang secara singkat menguraikan maksud pertemuan guna menggembleng Semangat Bela Negara serta mengajak para peserta aktifis UMKM yang berkumpul menjadi penggerak pembangunan yang mandiri guna mengantar NKRI yang makin maju dan mampu menopang perekonomian bangsa.

Selanjutnya Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. dr. Daeng M. Faqih menyambut Acara pemahaman Bela Negara sekaligus memperkenalkan produk anak bangsa alat pembersih udara sekaligus mampu mematikan Virus karena menyemprotkan Siniol turunan ke sepuluh dari metanol alkohol yang tidak berbahaya untuk manusia tetapi mampu membersihkan udara dari Virus Covid-19 dengan hasil yang baik. Sebagai Ketua Umum IDI beliau tidak mempromosikan suatu produk tetapi memberikan penghargaan diciptakannya alat yang hari ini akan diperkenalkan sebagai EMA004 dan EMA005 merupakan penyempurnaan EMA001 sampai EMA003 yang telah terbukti dengan baik di masyarakat luas. Setelah Pidato, membuka Pertemuan secara resmi.

bela4.png

Selanjutnya Prof Dr Haryono Suyono, sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan mantan Menko Kesra Taskin memberikan sambutan pada acara PROGRAM BELA NEGARA yang diselenggarakan GAPI UMKM di Gedung University Club UGM Yogyakarta tersebut. Dalam sambutannya Prof Haryono mengajak agar setiap keluarga terjun dalam kegiatan Bela Negara dengan usaha meningkatkan kemampuan delapan fungsi keluarga masing-masing melalui usaha mengembangkan setiap anggotanya memenuhi ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan perlindungan kepada setiap anggotanya dengan memperkuat cinta kasih setinggi-tingginya melalui serangkaian perhatian dan usaha yang tinggi kepada kesehatan dan pengaturan keluarga bagi setiap anggotanya pada jumlah anak yang memadai, membekali pendidikan setinggi-tingginya kepada seluruh anak-anaknya serta berusaha agar anak-anaknya semua memperoleh pekerjaan agar bisa membangun keluarga dan bagsanya serta berusaha memelihara kekayaan alam agar lestari untuk anak cucu dan masyarakat luas, serta menjaga lingkungan demi kelestarian yang tiada akhir.

bela5.png

Haryono menegaskan agar Kita selalu berusaha memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh, dengan usaha-usaha mengarah kepada konsumsi makanan dan budaya hidup sehat, karena itu kalau tidak memiliki alat canggih, selama ini dianjurkan kepada setiap keluarga agar di halaman di depan, belakang dan kiri rumah masing-masing diolah menjadi Kebun Bergizi dengan tanaman sayur, buah, unggas dan kolam ikan sehingga berkat tanaman itu udara di sekitar rumah bersih dan pastinya sayur dan buah bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang diperlukan guna hidup sehat, sejahtera serta berumur panjang. Usia yang panjang dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang bermanfaat akan memberikan sumbangan yang tinggi terhadap “upaya Bela Negara” dengan penuh kedamaian sesama anak bangsa di dunia seperti yang dicita-citakan. Lebih-lebih perhatian dan kemampuan memelihara kekayaan alam dan lingkungan yang kondusif akan menjamin kelestarian kebutuhan hidup dan lingkungan untuk anak cucu dan cicit secara lestari dan penuh kedamaian. Upaya tersebut akan mampu memproduksi makanan atau keperluan lain untuk hidup mandiri, yang berarti membela produksi bangsa sendiri.

bela2.png

Selanjutnya Acara Pembukaan diakhiri dengan Deklarasi Produk EMA004 dan EMA005 serta Pertemuan lanjutan yang bersifat tehnis tentang pengembangan semangat Bela Negara dan UMKM yang diharapkan akan disambung dengan beberapa Pertemuan dan Webinar di masa depan guna menindak lanjuti upaya membina perjuang bela negara yang tercinta. Suatu langkah positif membangun bangsa dengan melindungi bangsa dan kekayaan alam yang melimpah.

Haryono SuyonoComment