Desa Pasir Baru Kembangkan Wisata Kreatif Bukit Cienong

Cilenong.png

Gedhe Nusantara dari Tim Kerja Kementerian Desa PDTT melaporkan adanya sebuah alternatif wisata baru hadir di Kabupaten Sukabum, Jawa Barat. Objek wisata ini berupa menara pandang berbentuk haluan kapal itu berada di Bukit Cienong. Destinasi ini merupakan hasil sentuhan kreativitas Pemerintah Desa Pasir Baru dibantu warga.

Desa Pasir Baru terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bukit Cienong berada tidak jauh dari kawasan wisata pantai Cikembang dan Geyser atau pemandian air panas Cisolok.

Selain menikmati hembusan angin dari lembah di bawahnya, menyantap beragam kuliner khas pesisir juga cocok dilakukan di lokasi ini. Wisata Bukit Cienong menawarkan haluan kapal warna warni, ada sepeda gantung yang bisa menguji adrenalin dan deretan kursi dan meja di landasan kayu bagi traveler yang ingin bersantai memandangi keindahan pesisir pantai yang membentang. Bukit Cienong dibuka untuk publik pada medio September 2020. Bupati Sukabumi mengapresiasi positif inovasi wisata Desa Pasir Baru. Wisata Bukit Cienong membuat destinasi wisata di Sukabumi semakin bervariasi.

Selain Bukit Cienong, Kabupaten Sukabumi memiliki sejumlah destinasi wisata, seperti kampung adat Cipta Gelar, Geyser Cisolok, wisata pantai dan lainnya. Di lokasi wisata Bukit Cienong, warga berjualan aneka ragam makanan untuk pengunjung. Para wisatawan selalu diingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan menjaga kebersihan di lokasi wisata.

Destinasi wisata Bukit Cienong dibangun pada 2019 dengan dukungan dana Program Perencanaan Pembangunan Kecamatan (P3K). Kini, Bukit Cienong telah menjadi tujuan pilihan wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Sukabumi.

Haryono SuyonoComment