Destinasi Desa Asri Gunung Jampang di Garut Selatan

Garut1.jpg

Tim Kerja Gedhe Nusantara dari Kementerian Desa PDTT melaporkan bahwa untuk pecinta wisata alam yang menantang adrenalin wajib banget berkunjung ke destinasi wisata Desa Gunung Jampang. Lokasinya ada di Garut selatan. Dilaporkan bahwa kini Garut, terus mengembangkan inovasi serta potensi desa kreatif lewat sebuah program BumDes (Badan Usaha Milik Desa). Salah satu pengembangan desa wisata yang terus digalakkan oleh masing-masing desa di Kabupaten Garut, yakni Desa Gunung Jampang. Pihak desa terus mengemas dengan inovasi teknologi informasinya sebagai aset pengembangan informasi desa. Mereka juga melakukan promosi potensi desa yang saat ini sedang dikembangkan.

Garut siap menjadi salah satu dari 10 Bali Baru yang saat ini sedang gencar di galakkan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia (Kemenpar RI). Garut siap menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Desa Gunung Jampang menghadirkan sentuhan baru dalam destinasi wisata desa. Pengelola mengemas wisata alam buatan dengan mengangkat tema “Local Herois” untuk menarik perhatian para pecinta alam yang menantang adrenalin.

Suasana pemandangan alam dengan sawah yang menghampar hijau layaknya seperti berkunjung ke Ubud Bali juga ada di sini. Jelajah Desa Gunung Jampang layaknya menikmati tur mobil Jeep Merapi Tour-Yogyakarta. Keberadaan bukit-bukit yang menjulang membuat kita sedang menjelajahi hutan di Sumatera atau daerah yang menghadirkan suasana eloknya alam yang indah. Desa Gunung Jampang Garut Selatan, mengajak kita untuk menjalah nusantara lebih dekat. Ya, bisa dikatakan sebagai miniaturnya Indonesia.  Apalagi dengan potensi yang terdapat di sekitar Desa Gunung Jampang, sebut saja Kampung Ciawitali, sebagai pusat sentralnya olahan produk kreatif, seperti olahan kopi, camilan, kalua, dan sederet UMKM binaan Desa Gunung Jampang.

Desa Gunung Jampang, bisa ditempuh dari beberapa arah, bisa melalui kawasan Sumadra, Pakenjeng-Pamulihan atau dari Kecamatan Bungbulang. Jarak tempuh dari Garut kota menuju Desa Gunung Jampang sekitar 3-5 jam menggunakan transportasi umum. Hal yang unik yang bisa Anda nikmati dan temukan jika berkunjung dan menjelajahi Gunung Jampang, menggunakan transportasi umum yaitu naik truk. Transportasi truk tak hanya ada di serial film pendeknya Bu Tedjo ‘Tilik’, tapi kita pun bisa langsung merasakan serunya naik truk selama 7 jam di perjalanan.

Pokoknya bagi Anda yang memiliki jiwa backpacker, berkunjung ke Gunung Jampang merupakan kado yang super istimewa. Bagaimana jika tidak menggunakan truk? Kita pun bisa menggunakan sepeda motor, yang bisa dipesan terlebih dahulu kepada Karang Taruna setempat atau ojek lokal.

Kisaran tarif transportasi umum menggunakan truk Rp 50.000 sedangkan ojek lokal sekitar Rp 75.000-100.000 tergantung jarak tempuh ke titik yang mau di tuju antara: Kp. Ciawitali, Kp. Kampung Lemah Luhur 1 dan 6, Kp. Babakan, Kp. Ciranca, Kp. Hegar manah, Kp. Gunung Jampang, Kp. Jampang Kuning, Kp. Cihurip, Kp. Kopo, Kp. Cintaresmi, Kp. Sukaresmi, Kp. Honje Warak dan Kp. Tutugan.

Ayo segera jelajahi Desa Gunung Jampang Garut. Untuk saat ini Desa Gunung Jampang menjadi tempat yang di rekomendasikan untuk Anda yang suka dengan nuansa alam dan menantang adrenalin.

Haryono SuyonoComment